Comments

Wednesday, March 6, 2013

Daging merah berlemak jenuh tinggi ternyata menyehatkan?

Posted by at 4:47 AM Read our previous post

Lemak jenuh sudah lama dianggap sebagai musuh utama kesehatan manusia karena memicu penggumpalan pembuluh darah dan meningkatkan risiko serangan jantung. Namun ternyata, penelitian terbaru membantah hal itu.
Ada salah satu jenis lemak jenuh bernama asam stearat yang justru mampu melindungi tubuh dari serangan jantung, demikian menurut penelitian tersebut. Asam stearat pun bisa ditemukan dalam daging merah, babi, ayam tanpa kulit, minyak zaitun, keju, cokelat, dan susu.
Sementara itu, lemak jenuh lainnya adalah asam laurat, miristat, dan palmitat. Namun hanya asam stearat yang punya efek baik terhadap kolesterol dan tidak memberi pengaruh apapun dalam risiko penyakit kardiovaskular.
Penelitian Pennsylvania State University tersebut pun melibatkan responden untuk menikmati daging merah tanpa lemak selama lima minggu. Hasilnya, kadar kolesterol mereka menurun sebesar lima persen.
"Daging merah tanpa lemak itu menyehatkan, asalkan daging belum diolah menjadi sosis atau ham, lemak jenuh di dalamnya sebenarnya baik bagi jantung," tutur Dr Michael Roussell, kepala penulis penelitian, seperti yang dikutip dari Daily Mail (05/03).
Di Inggris sendiri, departemen kesehatan menyarankan agar wanita cukup mengonsumsi 20 gram lemak jenuh, sementara pria adalah 30 gram setiap hari.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template