Comments

Wednesday, March 6, 2013

Sayuran hijau kuatkan tubuh melawan kanker

Posted by at 4:46 AM Read our previous post

Tak suka makan sayur-sayuran? Coba pikirkan lagi. Peneliti telah menemukan bahwa mengonsumsi sayuran hijau bisa menguatkan sistem kekebalan tubuh. Sayuran hijau bahkan ditengarai mampu mengurangi risiko beberapa jenis kanker.
Sudah umum diketahui bahwa sel limfoid (Innate Lymphoid Cells atau ILCs) yang melapisi bagian dalam sistem pencernaan dan melindungi tubuh dari bakteri buruk pada usus. Sel ini juga dipercaya memiliki peran untuk mengontrol alergi makanan, penyakit peradangan, obesitas, bahkan mencegah kanker usus besar. Innate lymphoid cells (ILCs) juga mampu menyembuhkan luka kecil pada jaringan sistem pencernaan.
Pada penemuan terakhir, peneliti dari Teh Walter and Eliza Hall Institute, Australia, menunjukkan bahwa ILCs bekerja di bawah pengaruh gen yang bernama T-bet. Uniknya, T-bet merespon dan bekerja dengan baik ketika tubuh mencerna sayuran berdaun hijau seperti selada dan kubis.
Dr Gabrielle belz menjelaskan bahwa penemuan ini bisa digunakan dalam perkembangan perawatan penyakit, seperti dilansir oleh Thirdage (04/03).
"Memahami cara kerja ILCs dan gen yang mengontrolnya sangat penting untuk mengembangkan metode baru yang bisa digunakan untuk perawatan penyakit," ungkap Belz.
Menurut Belz, peneliti masih harus melakukan banyak percobaan untuk bisa mengontrol kinerja ILCs termasuk meningkatkannya ketika sel ini tak begitu aktif ketika menghadapi beberapa infeksi dan kanker, atau malah melemahkan mereka ketika kinerja sel tersebut menjadi terlalu aktif, seperti terjadi pada penyakit peradangan kronis.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template