Comments

Monday, June 17, 2013

5 Pertanyaan kesehatan yang harus ditanyakan anak pada ayah

Posted by at 5:27 AM Read our previous post


Orang tua merupakan sosok orang dewasa yang kebanyakan menjadi contoh bagi anak-anaknya. Tak hanya masalah perilaku dan cara pandang, namun juga masalah gaya hidup dan kesehatan. Tak hanya sebagai contoh, garis keturunan membuat ayah dan anak saling terkait untuk masalah risiko kesehatan.
Tak sedikit penyakit yang diturunkan dari ayah, atau faktor risiko yang diturunkan dari orang tua pada anak. Berikut ini adalah beberapa hal yang seharusnya ditanyakan anak pada sang ayah, mengenai kesehatan, seperti dilansir oleh Huffington Post (14/06).
1. Bagaimana kesehatan jantungmu?
Anda mungkin sudah mengetahui jika ayah memiliki riwayat penyakit jantung. Namun ada beberapa hal yang mungkin tak Anda ketahui seperti faktor risiko sakit jantung, misalkan kolesterol tinggi, tekanan darah, atau diabetes. Jika ayah Anda memiliki beberapa faktor risiko ini, maka kemungkinan Anda juga memilikinya. Jadi, tanyakan hal ini pada ayah Anda untuk mengetahui apakah Anda memiliki risiko tinggi terhadap penyakit jantung akibat berbagai faktor risiko tersebut.
2. Apakah ada riwayat kelainan mental dalam keluarga?
Kelainan mental memang bukan hal yang mudah dibicarakan, bahkan dalam keluarga. Namun hal ini perlu diketahui. Tanyakan pada ayah apakah terdapat riwayat kelainan mental pada keluarga. Jawaban yang diberikan ayah tak akan mengubah hubungan Anda dengannya. Hal ini akan membuat Anda waspada ketika suatu saat Anda mengalami gejala yang mengacu pada kelainan mental tertentu.
3. Apa ayah pernah memiliki masalah dengan alkohol
Penelitian menunjukkan bahwa anak dari seorang pecandu alkohol berkemungkinan dua sampai empat kali menjadi pecandu alkohol juga. Sementara penelitian lebih lanjur sedang dilakukan, tampaknya kaitan ini cukup kuat pada gen laki-laki. Ini berarti anak laki-laki berkemungkinan mendapatkan kecenderungan untuk menjadi pecandu alkohol dari ayah mereka. Jika ayah Anda adalah seorang pecandu alkohol atau pernah menjadi pecandu alkohol sebaiknya Anda mengetahuinya agar bisa membuat Anda lebih waspada.
4. Apakah ada riwayat penyakit kanker dalam keluarga?
Tentu saja risiko ini kecil, namun beberapa jenis kanker bisa diturunkan antara ayah dan anak laki-laki, salah satunya adalah kanker prostat. Sekitar 10 persen kanker prostat berkaitan dengan faktor keturunan, berdasarkan National Cancer Institute. Jika ayah Anda pernah memiliki kanker ini, Anda bisa lebih berhati-hati dan memeriksakan diri lebih awal.
5. Kapan terakhir kali ayah menemui dokter?
Menanyakan hal ini memang tak ada kaitannya dengan kesehatan Anda. Namun pertanyaan ini bisa menunjukkan perhatian serta keyakinan Anda bahwa ayah Anda memiliki kesehatan yang baik. Pria terkadang malas menemui dokter dan memeriksakan diri mereka. Jika ayah Anda sudah lama tidak menemui dokter, ajak ayah untuk melakukan check up kesehatannya. Jangan sampai Anda sebagai anak tak mengetahui keadaan kesehatan ayah.
Itulah lima pertanyaan yang bisa Anda tanyakan terkait dengan kesehatan Anda dan ayah. Apakah Anda sudah menanyakannya? Jika belum, tanyakan segera!

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template