Comments

Wednesday, June 26, 2013

10 Kesalahan tidur yang dilakukan banyak orang

Posted by at 6:09 AM Read our previous post


Meskipun sudah tidur delapan jam sehari, ternyata ada beberapa kesalahan yang masih dilakukan banyak orang sehingga istirahat malam menjadi kurang maksimal.
Misalnya saja tertidur dalam keadaan televisi menyala atau mengonsumsi pil untuk mengatasi insomnia. Lantas bagaimana cara mengatasinya? Simak selengkapnya seperti yang dilansir dari Huffington Post berikut ini.


1. Tertidur dengan TV menyala

Salah satu syarat kualitas tidur yang baik adalah berbaring dalam kamar yang sejuk, tenang, dan gelap. Sebab keberadaan cahaya bisa mengganggu metabolisme dan sistem tubuh.
Selain lampu, sumber cahaya yang perlu dimatikan adalah TV dan gadget. Namun jika tertidur dalam keadaan TV masih menyala, istirahat malam pun tidak akan maksimal dan metabolisme tubuh akan terganggu.

2. Begadang di akhir pekan

Banyak orang suka begadang atau terjaga sampai malam di akhir pekan karena berpikir keesokan harinya mereka bisa bermalas-malasan dan bangun kesiangan. Padahal kesalahan ini bisa mengganggu istirahat malam.
Jadwal tidur yang tidak teratur ternyata berdampak buruk pada ritme tubuh. Kacaunya ritme tubuh itu bahkan bisa meningkatkan risiko obesitas.


3. Minum alkohol agar bisa tidur

Salah satu cara orang untuk mengatasi insomnia adalah dengan mengonsumsi alkohol. Memang setelah minum alkohol, seseorang bisa tertidur dengan cepat. Namun istirahat tersebut tidak akan maksimal.
Selain itu, bangun di pagi hari setelah malam sebelumnya mengonsumsi alkohol juga tidak akan menyenangkan. Kepala cenderung terasa sakit dan badan jadi kurang segar.


4. Tetap di kasur meski tak bisa tidur

Sudah berbaring selama lebih dari setengah jam, namun mata tak juga bisa tertutup. Semua orang sering melakukan hal ini, padahal menurut para ahli, kebiasaan tersebut salah besar.
Saat sulit memejamkan mata, sebaiknya bangkit dari tempat tidur dan lakukan aktivitas yang menghabiskan tenaga. Atau nikmati susu atau makanan lain yang bisa membuat tubuh lebih rileks dan santai.


5. Minum obat tidur

Jika insomnia, jangan pernah mengatasinya dengan minum obat tidur. Cari tahu dulu akar masalah dari insomnia, baru atasi dengan benar.
Larangan agar tidak minum obat tidur saat insomnia bukan tanpa alasan. Selain kurang efektif, obat tidur juga memberi banyak risiko kesehatan. Mulai dari kecanduan, sampai dengan kematian.


6. Minum kopi di sore hari

Mungkin Anda ingin tetap terjaga sampai pukul sembilan malam saja karena harus melakukan suatu hal tertentu, maka dari itu kopi adalah minuman tepat agar mata tetap melek.
Sayangnya efek kopi bisa bertahan lebih lama dari yang diperkirakan. Jadi jika tidak ingin mengalami masalah sulit tidur, sebisa mungkin hindari konsumsi kopi di sore hari.

7. Tidur dengan binatang peliharaan

Memang benar bahwa tidur dengan binatang peliharaan memang menyenangkan. Padahal kebiasaan tersebut termasuk kesalahan dan sangat tidak sehat.
Salah satu alasan kenapa tidur dengan binatang peliharaan adalah kesalahan karena kucing atau anjing terkadang suka mengeong atau menggonggong. Bukan cuma itu, membawa binatang peliharaan ke tempat tidur bisa meningkatkan risiko alergi.


8. Makan malam berat

Jika ingin menikmati makanan berat yang mengandung protein, sebaiknya lakukan di pagi atau siang hari. Sebab makan malam berat juga bisa mengganggu tidur.
Prosesnya seperti ini, makanan berat berprotein tinggi membuat sistem pencernaan bekerja lebih ekstra. Sehingga tidur atau istirahat malam tidak akan bisa dilakukan dengan maksimal karena sistem pencernaan masih harus bekerja.

9. Menunda alarm

"Lima menit lagi!"
Ungkapan itu sering dilontarkan banyak orang di pagi hari. Sehingga bukannya bangun, mereka malah melanjutkan tidur dan bermalas-malasan di atas kasur.
Padahal memencet tombol tunda pada alarm di pagi hari bisa merusak sistem tidur. Selain itu, menambah jatah tidur lima menit atau sedikit saja tidak mampu meningkatkan kualitas istirahat di malam hari.

10. Khawatir soal tidur

Ada pula orang-orang yang menjadwalkan tidurnya setiap hari. Sebenarnya kebiasaan tersebut tergolong baik, namun fatal dampaknya jika Anda jadi khawatir soal jadwal tidur.
Sebab semakin cemas saat mematuhi jadwal tidur, semakin sulit Anda memejamkan mata. Cara mengatasinya adalah dengan melakukan latihan pernapasan, menghirup aroma terapi, atau mandi air hangat agar tubuh terasa lebih rileks.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template