Comments

Wednesday, June 26, 2013

Perhatikan 6 hal ini saat berlibur sendirian

Posted by at 6:06 AM Read our previous post



Bepergian atau berpetualang sendiri terdengar menantang bagi banyak orang. Dengan bepergian sendiri seseorang bisa menemukan banyak hal, lebih mengenali diri mereka sendiri, dan bisa merasa bebas jika mereka menginginkan untuk menghilang sejenak dari keramaian.
Namun Anda tentu harus berhati-hati jika pergi atau berlibur sendiri, karena tak ada teman yang menemani atau menolong Anda jika ada hal yang Anda butuhkan atau terjadi hal yang tak Anda inginkan. Sebelum memutuskan untuk pergi sendiri, sebaiknya Anda memperhatikan beberapa hal berikut ini, seperti dilansir oleh Times of India (24/06).


1. Kenali tempat liburan

Hal ini penting terutama jika Anda pergi ke tempat yang belum pernah Anda datangi sebelumnya. Pastikan Anda sudah mempelajari rute, tempat-tempat yang akan dikunjungi, akomodasi, cuaca, serta semua hal penting lainnya. Pelajari benar tempat yang akan Anda tuju sebelum berangkat ke sana sehingga Anda siap terhadap kemungkinan yang terjadi.


2. Pesan tempat menginap

Mencari akomodasi di tempat yang belum Anda kenal bisa jadi menakutkan dan berisiko. Jadi lebih baik Anda sudah memesan kamar atau tempat menginap sesuai dengan rencana kepergian. Jika tidak, Anda bisa saja terpaksa tak punya tempat menginap atau mendapatkan tempat yang terlalu mahal. Hal ini mungkin tak Anda perlukan jika Anda adalah backpacker yang sudah berpengalaman.


3. Jangan menarik perhatian

Hal ini terutama penting bagi wanita. Bagaimana pun juga, seorang wanita asing di tempat yang baru akan selalu menarik perhatian. Jadi, perhatikan penampilan Anda. Jangan pakai pakaian yang terlalu mencolok dan menarik perhatian. Cobalah untuk membaur dengan turis lain atau masyarakat di sekitar Anda. Jika ada hal yang berisiko, Anda bisa masuk ke restoran atau hotel untuk minta tolong.


4. Bicara dan tersenyum

Isyarat kecil seperti senyuman tak akan melukai siapapun. Ketika berada di tempat baru, Anda tak memiliki siapapun. Jadi jika membutuhkan bantuan, Anda harus berbicara dengan orang-orang di sekitar Anda. Interaksi dengan penduduk lokal akan menjadi hal yang menyenangkan dan bisa dikenang. Jika tak bisa bahasa mereka, Anda bisa menggunakan tanda atau isyarat.


5. Tempat wisata yang romantis? Tidak!

Karena Anda sedang bepergian sendirian, tak bersama pasangan atau teman-teman Anda, maka sebaiknya hindari tempat-tempat yang menawarkan romantisme bagi pasangan kekasih. Anda akan merasa kikuk ketika mendapati banyak pasangan bersenang-senang berdua di sana. Anda tentu tak ingin terlihat kesepian bukan?

6. Makanan

Makanan khas atau loka adalah hal yang tak bisa dilewatkan ketika Anda datang ke tempat asing. Mencoba makanan dan minuman selalu menjadi hal yang menyenangkan dan menarik saat bepergian. Namun ingat, karena Anda pergi sendirian, Anda harus menjaga diri sendiri. Apakah Anda tak boleh makan pedas? Punya penyakit lambung, atau memiliki alergi? Maka sebaiknya Anda menghindari hal-hal yang bisa memicu penyakit tersebut dan membawa obat-obatan Anda.
Itulah beberapa hal yang sebaiknya Anda perhatikan sebelum bepergian sendiri. Ingat bahwa Anda harus selalu bisa menjaga diri sendiri dan berhati-hati. Namun ini tak berarti Anda tak bisa bebas menikmati liburan seorang diri.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template