Comments

Saturday, June 29, 2013

Cara Tidur Yang Baik Saat Berpuasa

Posted by at 10:42 PM Read our previous post


http://asalasah.blogspot.com/2013/06/cara-tidur-yang-baik-saat-berpuasa.html - Cara Tidur yang Baik Ala Rasul pada Bulan RamadhanCara Tidur yang Baik Ala Rasul pada Bulan Ramadhan Bulan ramadhan adalah bulan berkah, bahkan apapun yang dilakukan oleh umat hampir semua nya adalah ibadah. bahkan tidur pun bisa dikatakan sebuah ibadah dengan asumsi dari pada "melek" tpi ngerasani orang.

walopun tidur bukan asal tidur, tpi ada cara yang lebih baik agar yang kita kerjakan termasuk ibadah :

1:Memakai celak mata ketika hendak tidur, berdasarkan hadits Ibnu Umar: "Bahwasanya Rasululloh shallallahu 'alaihi wasallam senantiasa memakai celak dengan batu celak setiap malam sebelum beliau hendak tidur malam, beliau sholallahu 'alaihi wassalam memakai celak pada kedua matanya sebanyak 3 kali goresan." (HR. Ibnu Majah No. 3497)

http://asalasah.blogspot.com/2013/06/cara-tidur-yang-baik-saat-berpuasa.html Cara Tidur yang Baik Ala Rasul pada Bulan Ramadhan

2:Hendaknya mengibaskan tempat tidur (membersihkan tempat tidur dari kotoran) ketika hendak tidur. Hal ini berdasarkan sabda Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam: "Jika salah seorang di antara kalian akan tidur, hendaklah mengambil potongan kain dan mengibaskan tempat tidurnya dengan kain tersebut sambil mengucapkan 'bismillah', karena ia tidak tahu apa yang terjadi sepeninggalnya tadi." (HR. Al Bukhari No. 6320, Muslim No. 2714, At-Tirmidzi No. 3401 dan Abu Dawud No. 5050)


3:"Apabila engkau hendak mendatangi pembaringan (tidur), maka hendaklah berwudhu terlebih dahulu sebagaimana wudhumu untuk melakukan sholat." (HR. Al-Bukhari No. 247 dan Muslim No. 2710)

4:Hendaknya mendahulukan posisi tidur di atas sisi sebelah kanan (rusuk kanan sebagai tumpuan) dan berbantal dengan tangan kanan, tidak mengapa apabila setelahnya berubah posisinya di atas sisi kiri (rusuk kiri sebagai tumpuan) yakni menghadap kiblat. Hal ini berdasarkan sabda Rasulullah: "Berbaringlah di atas rusuk sebelah kananmu." (HR. Al-Bukhari no. 247 dan Muslim no. 2710)

http://asalasah.blogspot.com/2013/06/cara-tidur-yang-baik-saat-berpuasa.html - Cara Tidur yang Baik Ala Rasul pada Bulan Ramadhan

larangan cara tidur: idur bertumpu pada sisi kiri badan berbahaya bagi kesehatan, karena dapat menghimpit posisi jantung akibatnya sirkulasi darah ke otak terganggu. Tidur miring ke posisi kiri mengakibatkan seseorang mengalami mimpi buruk (nightmares). Dan janganlah tidur tertelungkup (tengkurap), Allah sangat murka dengan posisi tidur seperti itu. Sedangkan tidur dengan posisi tertelentang bencana buat tulang belakang. Hal tersebut dapat menekan atau menyesakkan tulang belakang.

"Sesungguhnya (posisi tidur tengkurap) itu adalah posisi tidur yang dimurkai Allah Azza Wa Jalla." (HR. Abu Dawud dengan sanad yang shohih)

hornyberat-2.blogspot.com - Cara Tidur yang Baik Ala Rasul pada Bulan Ramadhan

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template