Comments

Saturday, June 29, 2013

Super Komputer Tercepat Di Dunia Dari China

Posted by at 10:51 PM Read our previous post


Tianhe-1, komputer tercepat di dunia pada 2010
Tianhe-1, komputer tercepat di dunia pada 2010 (sumber: AFP)
  Beijing - Sebuah superkomputer buatan China diklaim sebagai komputer tercepat di dunia, demikian hasil sebuah survei yang diumumkan Senin (17/6).

Tianhe-2, nama superkomputer yang dikembangkan oleh Universitas Teknologi Pertahanan Nasional itu diklaim bisa menembus kecepatan 33,86 petaflops per detik. Dengan kecepatan itu, Tianhe-2 berada di urutan pertama dari 500 superkomputer yang ikut dalam survei tersebut.

Sejauh ini mesin komputer itu didaulat sebagai yang tercepat di dunia bersaing dengan superkomputer buatan Amerika Serikat, Titan, yang berada di urutan kedua. Titan bisa mencapai kecepatan 17,59 petaflops perdetik.

Survei itu menemukan bahwa dari 10 komputer tercepat di dunia, lima di antaranya dibuat di AS, dua di China, dua unit di Jerman, dan satu di Jepang.

Prestasi Tianhe-2 berarti gelar komputer tercepat di dunia kembali lagi ke China, yang pada 2010 memegang rekor yang sama dengan Tiahnhe-1, sebelum direbut oleh komputer asal AS.

Berbeda dengan komputer-komputer supercepat China sebelumnya, sebagian besar komponen Tianhe-2 dikembangkan sendiri oleh China - kecuali prosesor utamanya yang masih dibuat oleh Intel, produsen chip asal AS.

"Sebagian besar fitur dalam sistem komputer itu dibuat di China... sistem interkoneksi, sistem operasi, front-end prosesor, dan peranti lunak rata-rata berasal dari China," demikian tulis Jack Dongarra, editor web yang merilis hasil survei tersebut.

Meski demikian, AS tetap mendominasi daftar superkomputer dunia. Sebanyak 252 unit komputer dari AS masuk dalam daftar 500 komputer tercepat di dunia, Eropa menyumbang 112 komputer, sementara Asia punya 119 komputer.

Komputer-komputer yang masuk dalam daftar yang dirilis dua tahun sekali itu dinilai oleh para ilmuwan dari AS dan Jerman. Kinerja komputer menjadi faktor yang dinilai dalam analisis para ilmuwan tersebut.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template