Comments

Wednesday, June 26, 2013

5 Hal mengejutkan yang bisa merusak gigi

Posted by at 5:42 AM Read our previous post



Apa saja makanan yang bisa merusak gigi? Makanan seperti permen, cokelat, minuman bersoda, atau gula-gula tentu akan muncul di benak Anda seketika. Namun jangan salah. Anda tak hanya harus mewaspadai makanan-makanan tersebut.
Berikut adalah beberapa makanan yang juga bisa merusak gigi Anda, seperti dilansir oleh Reader Digest Asia (24/06).


1. Permen mint setelah makan malam

Mengunyah permen mint setelah makan malam mungkin adalah pilihan cerdas. Selain menghilangkan sisa makanan, Anda juga bisa menyegarkan napas dengan aroma mint. Namun sisa-sisa permen mint bisa tertinggal di daerah mulut dalam jangka waktu yang lama. Hal ini akan membuat lapisan enamel yang keras menjadi semakin lembek dan menipis.


2. Buah kering

Buah-buahan kering memang mengandung nutrisi, namun bakteri dalam air liur mengubah semua bentuk gula menjadi asam, bahkan gula sehat yang ada dalam buah kering. Selain itu, buah kering juga lengket pada gigi dan bisa mencegah air liur menetralkan asam, sehingga Anda berisiko kehilangan asupan kalsium.

3. Lemon

Tak hanya makanan-makanan manis, Anda juga harus mewaspadai makanan asam. Lemon mengandung kadar asam yang sangat tinggi. Jadi bisa Anda meminumnya, menggigit, atau mengunyah, asam tersebut bisa melemahkan lapisan enamel yang melindungi gigi.

4. Jus buah

Tentu saja, jus buah adalah minuman segar yang penuh nutrisi. Namun jus buah juga mengandung banyak gula yang bisa berbahaya untuk gigi Anda. Meski begitu, jangan panik dulu. Anda bisa meminum jus buah menggunakan sedotan untuk menjauhkannya dari gigi.


5. Minuman berenergi (sport drink)

Minuman berenergi yang sering diminum setelah olahraga tak hanya mengandung gula, tetapi juga memiliki sifat asam. Cairan dalam minuman ini bisa menempel pada gigi dalam waktu yang cukup lama. Untuk melindungi gigi, serta menjaga kebugaran, ada baiknya Anda lebih memilih air mineral daripada minuman berenergi.
Itulah beberapa hal mengejutkan yang mungkin tak dikira bisa merusak gigi Anda. Setelah mengonsumsi makanan di atas sebaiknya Anda segera membersihkan gigi.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template