Comments

Wednesday, June 26, 2013

12 Makanan yang menyehatkan otak dan sistem saraf

Posted by at 5:40 AM Read our previous post



Otak ikut menua siring bertambahnya usia. Jadi penting bagi Anda untuk meningkatkan asupan nutrisi demi menjaga kesehatan otak sekaligus sistem saraf. Demi mencegah penurunan kognitif otak dan gangguan mental lainnya, coba nikmati makanan sehat seperti yang dilansir dari Health Me Up berikut ini.

Bayam

Bayam bisa disebut sebagai sayuran ajaib dengan berbagai manfaat kesehatan. Salah satunya, di dalam bayam ada antioksidan yang memperlambat penuaan otak dan sistem saraf.

Sayuran berdaun hijau

Senyawa tertentu pada sayuran berdaun hijau adalah senjata ampuh untuk mencegah demensia, Alzheimer, dan Parkinson. Jadi jangan malas makan sayur demi menyehatkan otak dan sistem saraf.

Gandum utuh

Gandum utuh bisa ditemukan dalam brown rice yang kaya akan vitamin B6. Fungsi vitamin B6 adalah memecah senyawa tertentu yang berkhasiat mencegah penurunan kognitif otak.


CocoaCocoa memiliki antioksidan alami yang mencegah otak dari kerusakan akibat stres. Salah satu produk cocoa adalah cokelat gelap yang kadar flavonoid di dalamnya juga cukup tinggi.

Kacang

Kacang almond dan kenari adalah camilan tepat yang bisa dikonsumsi untuk menjaga kelancaran peredaran darah. Kandungan asam lemak omega-3 di dalamnya juga berperan sebagai nutrisi yang menyehatkan otak.

Bawang putih

Rasa dan aroma bawang putih memang tidak mengenakkan. Tetapi bawang putih adalah makanan tepat untuk mencegah penuaan otak, menyehatkan sistem saraf dan sistem kardiovaskular.

Minyak zaitun

Minyak zaitun memiliki antioksidan bernama polyphenol yang ampuh menurunkan tekanan darah dan kolesterol. Jadi minyak zaitun juga termasuk konsumsi tepat untuk menjaga kesehatan sistem saraf.

Red wine

Antioksidan dalam red wine mampu meningkatkan kinerja otak dan mencegahnya dari penuaan. Akan tetapi, red wine sebaiknya dikonsumsi secukupnya dan tidak berlebihan.

Teh

Teh bukan cuma ampuh meningkatkan metabolisme, tetapi juga memiliki kekuatan untuk memperbaiki kemampuan kognitif otak. Sebab di dalam teh ada antioksidan yang melancarkan peredaran darah.

Sarden

Asam lemak omega-3 adalah kunci penting bagi kesehatan otak dan sistem saraf. Salah satu makanan yang kaya akan nutrisi tersebut adalah sarden, salmon, tuna, dan mackerel.

Blueberry

Keluarga buah berry yang satu ini dikenal kemampuannya dalam memerangi radikal bebas. Jadi blueberry pun termasuk dalam makanan yang mampu memaksimalkan kemampuan kognitif otak.

Delima

Berbagai produk delima kini semakin marak beredar di pasaran. Hal itu terjadi bukan tanpa alasan. Pasalnya delima memang bernutrisi tinggi dan mampu menjaga pikiran tetap aktif.
Itulah berbagai makanan yang berkhasiat menjaga kesehatan otak dan sistem saraf. Semoga bermanfaat!

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template