Comments

Wednesday, June 26, 2013

9 Alasan pentingnya makan apel untuk kesehatan

Posted by at 6:04 AM Read our previous post


Apel adalah buah yang pasti tak asing lagi bagi orang di Indonesia. Selain mudah didapatkan, apel juga memiliki banyak manfaat kesehatan. Mulai dari mencegah kanker, baik untuk kesehatan jantung, hingga membantu menambah kepadatan tulang.
Berikut adalah beberapa alasan kesehatan mengapa makan apel sangat penting, seperti dilansir oleh Health Me Up (26/05).

1. Menjaga kesehatan jantung

Apel mengandung banyak nutrisi yang disebut quercetin, catechin, phloridzin, dan chlorogenic acid. Semua nutrisi ini membantu menjaga sistem kardiovaskular dari kerusakan yang berkaitan dengan oksigen. Sebagai tambahan, tingginya serat dan apel membantu Anda menurunkan kolesterol buruk dan mengontrolnya. Orang yang mengonsumsi dua apel setiap hari mengalami penurunan kolesterol hingga 16 persen lebih banyak.


2. Mencegah Alzheimer

Sebuah penelitian pada tikus di Cornell University menemukan bahwa quercetin pada apel bisa melindungi sel otak dari radikal bebas yang bisa menyebabkan kerusakan otak dan penyakit ingatan seperti Alzheimer.


3. Mencegah kanker paru-paru

Berdasarkan penelitian pada 10.000 orang, mereka yang mengonsumsi lebih banyak apel memiliki penurunan risiko kanker paru-paru sebesar 50 persen. Peneliti percaya bahwa hal ini dipengaruhi oleh tingginya kadar flavonoid pada quercetin dan naringin di dalam apel.


4. Mencegah kanker payudara

Penelitian di Cornell University menemukan bahwa mengonsumsi satu buah apel setiap hari bisa menurunkan risiko kanker payudara hingga 17 persen. Dengan mengonsumsi tiga apel setiap hari bisa menurunkan risiko kanker payudara hingga 39 persen dan mereka yang makan enam apel setiap hari memiliki risiko kanker payudara 44 persen lebih rendah.


5. Mencegah kanker usus besar dan lever

Sebuah penelitian pada tikus menemukan bahwa tikus yang mengonsumsi ekstrak kulit apel memiliki risiko kanker usus besar 43 persen lebih rendah. Tak hanya itu, tikus yang makan ekstrak kulit apel juga memiliki risiko kanker lever 57 persen lebih rendah. Penelitian lainnya menunjukkan bahwa pectin dalam apel bisa menurunkan risiko kanker usus besar dan membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan.

6. Menjaga kesehatan pasien diabetes

Pectin yang ada dalam apel bisa menurunkan kebutuhan tubuh akan insulin. Hal ini ditengarai bisa membantu pasien diabetes untuk mengontrol insulin dan gula darah mereka.


7. Menurunkan berat badan

Sebuah penelitian di Brazil menemukan bahwa wanita yang mengonsumsi tiga apel atau pear setiap hari saat diet mengalami penurunan berat badan yang lebih banyak dibanding wanita yang tidak makan buah ketika berdiet.


8. Melindungi tulang

Peneliti di Prancis menemukan bahwa lavanoid bernama phloridzin yang hanya ditemukan pada apel bisa melindungi wanita yang telah mengalami menopause dari osteoporosis serta membantu meningkatkan kepadatan tulang. Tak hanya itu, boron yang juga terkandung dalam apel bisa menguatkan tulang.


9. Membantu mengatasi asma

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa anak pemilik asma yang minum jus apel setiap hari lebih sedikit mengalami sesak napas dibandingkan anak yang hanya minum jus apel sekali sebulan. Penelitian lainnya juga menunjukkan bahwa anak yang ibunya sering makan apel saat hamil memiliki risiko terkena asma yang lebih kecil dibanding dengan anak yang ibunya hanya memakan sedikit apel saat hamil.
Itulah beberapa khasiat apel yang tak bisa diremehkan. Jadi, tunggu apa lagi, tambah konsumsi apel Anda setiap hari untuk mendapatkan manfaat kesehatan di atas!

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template