Comments

Wednesday, June 26, 2013

8 Hal ini bisa bikin otak pintar

Posted by at 5:38 AM Read our previous post



Selama manusia masih hidup dan sadar, mereka akan terus belajar. Dari pembelajaran itulah otak manusia semakin berkembang. Namun setidaknya ada beberapa hal khusus yang bisa bikin otak pintar. Apa saja? Simak selengkapnya seperti yang dilansir dari Huffington Post berikut ini.

Situasi

Entah itu situasi dari dalam maupun luar di tempat kerja, kelas, atau masyarakat, manusia bisa belajar banyak dan mengembangkan pikirannya. Jadi pada dasarnya, kecerdasan bisa dipengaruhi oleh situasi setiap individu. Maka dari itu jangan hanya mengeluh tentang situasi yang dihadapi, namun pastikan Anda bisa belajar dari sana demi semakin mencerdaskan pikiran.

Keyakinan

Psikolog Carol Dweck dari Stanford University membedakan dua jenis mindset seseorang. Pertama, mereka yang keyakinannya tidak bisa diubah, dan kedua adalah yang keyakinannya bisa berkembang melalui pembelajaran dan latihan. Kedua hal itu pun memengaruhi pola pikir seseorang dalam bidang psikologis mereka.

Kepiawaian

Kepiawaian yang dimiliki setiap orang umumnya berbeda. Misalnya, seorang peneliti yang ingin mengetahui suatu hal, maka ia akan berusaha untuk berpikir dan beraksi demi menemukan jawaban dari pertanyaannya. Konsep seperti itu pun akhirnya memberikan kesempatan pada setiap orang untuk mengembangkan pikirannya menjadi lebih pintar.

Perhatian

Ada sebuah percobaan marshmallow yang dilakukan Walter Mischel pada tahun 1960-an. Percobaan itu mengisahkan anak yang dijanjikan akan diberi marshmallow lebih jika mau menahan diri untuk tidak memakan apa yang ada di depannya saat itu. Kejadian serupa sama dengan manusia era kini yang tak tahan memerhatikan apa yang terjadi di jejaring sosial setiap menitnya. Usaha untuk menahan diri itulah yang bisa dikembangkan demi memintarkan otak manusia.

Emosi

Beberapa orang begitu depresi saat memikirkan masalah kegagalan. Sehingga adanya kekhawatiran tersebut, manusia pun berusaha sebaik mungkin demi meraih tujuannya. Adanya pengaruh emosi pun menjadi motivasi tersendiri bagi seseorang untuk mengembangkan pikirannya.

Teknologi

Adanya teknologi membuat banyak orang berpikir bahwa pembelajaran tidak perlu dilakukan karena mereka bisa mencari jawaban dari setiap pertanyaan melalui internet. Padahal, ada pula hal-hal yang sebenarnya tidak bisa ditemukan dalam internet. Contohnya pemikiran kritis, cara menyelesaikan masalah, kreativitas, dan kerja sama yang harus terus dikembangkan.

Tubuh manusia

Tubuh manusia itu sendiri sebenarnya berperan penting dalam proses pembelajaran, salah satunya adalah jadwal tidur. Masalahnya semakin banyak orang yang mengalami masalah tidur, sehingga masa pembelajaran alami yang dilakukan tubuh jarang berhasil dilakukan.

Hubungan sosial

Ketika manusia melebarkan jaringannya dengan berhubungan sosial, mereka sebenarnya membuat dirinya sendiri pintar secara otomatis. Sebab manusia secara tidak langsung mengingat hari ulang tahun kerabat karena ada perasaan tertentu dalam hubungan sosial yang dijalani.
Secara tidak sadar, manusia telah belajar banyak dari hal-hal di sekitarnya. Akan tetapi, akan lebih maksimal kecerdasan seseorang jika ia mau memanfaatkan berbagai faktor tersebut dengan baik.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template