Comments

Monday, June 17, 2013

10 tanda gangguan obsesif kompulsif

Posted by at 5:28 AM Read our previous post



Obsesif kompulsif atau obsessivecompulsive disorder (OCD) adalah gangguan yang ditandai dengan pikiran negatif yang membuat penderita merasa gelisah, takut, dan khawatir. Sehingga untuk menghilangkan kecemasan itu, ada obsesi berlebihan dari si penderita.
Apakah Anda juga menderita gangguan obsesif kompulsif? Coba kenali tandanya seperti yang dilansir dari ABC News berikut ini.
Cuci tanganObsesi untuk segera cuci tangan dilakukan penderita OCD karena takut terkena penyakit akibat bakteri dan kuman penyakit. Selain itu, penderita oCD akut biasanya juga akan tetap khawatir tentang bahaya kuman meskipun sudah cuci tangan.
Terlalu bersihBukan cuma cuci tangan, segala yang berbau dengan kebersihan, seperti cuci piring, baju, atau ruangan juga menjadi beban pikiran penderita oCD. Akibatnya, mereka menghabiskan waktu berjam-jam untuk membersihkan semuanya.
Mengecek ulangPunya kebiasaan mengecek ulang apakah pintu sudah dikunci atau tak ada barang yang ketinggalan saat akan pergi? Sebenarnya kebiasaan mengecek ulang itu baik, namun jika sampai menimbulkan kecemasan jika tidak dilakukan, artinya Anda positif OCD.
MenghitungBeberapa penderita OCD suka menghitung pola tentang aktivitas sehari-hari, misalnya jumlah anak tangga. Kebiasaan itu didorong oleh kepercayaan tertentu, contohnya jika mereka menghitung sampai angka tujuh, maka akan ada keberuntungan yang dirasakan.
TerorganisirSegala sesuatu harus diletakkan, ditata, dan dirapikan sesuai angka, warna, atau simetris. Jika semuanya berantakan, penderita OCD akan langsung merasa cemas dan tidak tenang.
Takut disakitiSetiap orang tentu takut dan khawatir jika hal buruk terjadi pada dirinya. Akan tetapi penderita OCD lebih berusaha keras untuk menghilangkan pemikiran seperti itu dari kepalanya dibandingkan dengan orang-orang biasa.
Hal seksualSama seperti perbuatan yang berkaitan dengan kekerasan, penderita OCD juga cemas berlebihan mengenai hal-hal yang berbau dengan pelecehan seksual. Misalnya khawatir jika ternyata mereka gay atau sebaliknya dan tidak sadar meraba bagian intim pada tubuh teman kerjanya.
Hubungan asmaraPenderita OCD umumnya sulit menerima hal-hal yang tidak pasti soal hubungan asmara. Sehingga kebanyakan dari mereka kerap memikirkan tentang kesalahpahaman kecil yang bisa merusak hubungan asmara.
Mencari penghiburanKetika penderita OCD sudah merasa begitu terpojok mengenai hal-hal yang tidak beres di sekitarnya, mereka akan mulai mencari penghiburan dari teman atau keluarga. Misalnya bertanya, "Apakah semua ini normal? Apakah semuanya tidak ada masalah?"
Penampilan diriSementara itu, body dysmorphic disorder (BDD) juga berhubungan dengan OCD. Penderita BDD sering merasa penampilan dirinya tidak sempurna. Namun berbeda dengan gangguan makan, penderita BDD tidak fokus untuk melakukan diet ketat.
Itulah berbagai tanda dari OCD. Apakah Anda juga memiliki tanda-tanda tersebut? Jika iya, jangan malu mencari bantuan ke ahli medis secepatnya.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template