Comments

Wednesday, June 26, 2013

8 Perkembangan pada bidang kesehatan terkait kanker

Posted by at 6:02 AM Read our previous post



Meski perkembangan terkait obat dan penyakit kanker jarang sekali menjadi berita utama, namun ini tak berarti para ilmuwan menyerah. Selama ini ilmuwan terus berusaha mengembangkan sesuatu yang baru dalam usaha memerangi dan meningkatkan perawatan terhadap kanker.
Berikut ini adalah beberapa perkembangan dan penemuan terbaru yang dilakukan oleh para ilmuwan untuk meningkatkan kualitas hidup pasien kanker, pengobatan, serta pencegahan kanker, seperti dilansir oleh Third Age (23/06).


1. Spons laut bisa mencegah pengecilan otot

Produk untuk mencegah kanker yang terbuat dari spons laut diketahui bisa mencegah pengecilan otot pada tikus. Tak hanya mencegah, produk yang mengandung pateamine A ini juga bisa mengobati pengecilan otot. Temuan ini tentunya sangat membantu peneliti untuk mengembangkan obat bagi pasien yang mengalami pengecilan otot akibat tumbuhnya tumor.


2. Obat pembunuh sel kanker yang aman untuk sel sehat

Penelitian menunjukkan bahwa thioridazine, sebuah obat antipsychotic bisa membunuh sel kanker yang menyebabkan leukemia. Hebatnya, obat ini hanya menghancurkan sel kanker saja tanpa merusak sel yang masih sehat.


3. Meningkatkan kemungkinan hidup pasien kanker pankreas

Tingkat kemungkinan hidup pada pasien kanker pankreas seringkali buruk. Namun sebuah penelitian bisa membantu mengubahnya. Penelitian ini menemukan bahwa pasien yang memiliki jenis langka kanker pankreas bisa hidup lebih lama jika melakukan kemoterapi dan operasi.


4. Obat untuk sembuhkan leukemia akut (AML)

Acute Myeloid Leukemia (AML) adalah bentuk menakutkan dari leukemia. Sebuah tim ilmuwan berhasil menemukan bahwa obat anti malaria bisa membuat sel penyebab AML meledak atau mati.

5. Penemuan bentuk kanker payudara ganas

Sekelompok peneliti berhasil mengungkap kode dan bentuk gen payudara ganas . Terobosan ini bisa membantu mereka untuk mempelajari dan berusaha mengubah dan mencari cara untuk menyembuhkan atau mencegah kanker payudara ganas tersebut. Bahkan, di masa depan bukan tak mungkin peneliti akan merancang perawatan kanker payudara yang khusus bari setiap pasien.


6. Memperpanjang usia pasien Hodgkin lymphoma

Sebuah penelitian berhasil menemukan cara bagaimana pasien hodgkin lymphoma bisa hidup lebih lama tanpa melakukan radiasi. Pasien hanya harus melakukan kemoterapi standar. Dengan begitu, pasien hodgkin lymphoma bisa hidup lebih panjang tanpa merasakan efek negatif dari terapi radiasi.


7. Perawatan lebih cerdas pada kanker bagi anak muda

Sebuah penelitian menemukan mutasi genetik yang berkaitan dengan pertumbuhan sebuah jenis kanker langka yang tumbuh di bagian limpa. Mereka juga menemukan bahwa sel kanker ini berinteraksi dengan protein untuk menyebabkan kanker. Penemuan ini membuat peneliti berhasil menemukan obat untuk menekan produksi protein tersebut dan membunuh sel tumor.

8. Vitamin D menekan protein penyebab kanker

Sebuah protein bernama c-Myc diketahui sebagai penyebab munculnya 50 persen kanker. Ilmuwan dari Kanada menemukan bahwa vitamin D bisa menahan protein tersebut pada sel manusia.
Itulah beberapa penelitian yang menyumbangkan beberapa perkembangan terhadap dunia kesehatan yang berkaitan dengan kanker. Semoga di masa depan perkembangan teknologi dan perawatan kesehatan bisa semakin maju, sehingga manusia bisa mengatasi semua penyakit.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template