Posted by Unknown at 9:24 PM
Read our previous post
Menjadi seorang leader memang tak mudah. Selain dituntut untuk memenuhi target yang tinggi, seorang manajer harus bisa mengatur timnya. Untuk itu, Anda butuh strategi yang matang dan cerdas dalam mengelola pekerjaan, serta memimpin anggota tim Anda. Nah, berikut adalah tujuh tips ampuh menjadi seorang manajer yang sukses dan dihormati oleh bawahan. Yuk simak tipsnya!
1. Belajar caranya mendelegasikan
Sebagai seorang manajer, sudah menjadi tanggung
jawab Anda untuk bisa mengetahui siapa yang akan menjadi pilihan terbaik
untuk suatu tugas tertentu. Untuk memahami itu, Anda harus
memperhatikan potensi dan kekurangan dari masing-masing anggota tim
Anda. Ini tentunya memerlukan suatu analisis dan observasi.
2. Memberi contoh
Setiap kali Anda memberikan arahan kepada
anggota tim untuk bekerja dengan cara tertentu atau mengikuti etika
kerja tertentu, Anda harus memastikan bahwa Anda sendiri telah
melakukannya dengan benar, sesuai dengan apa yang telah Anda sampaikan.
Misalnya, Anda tidak bisa mengharapkan anggota tim Anda datang tepat
waktu, jika Anda sendiri masih sering datang terlambat. Tim Anda akan
menghormati Anda, jika mereka melihat Anda telah mengikuti semua hal
yang telah Anda ajarkan kepada mereka.
3. Tahu caranya memotivasi tim
Sebagai seorang manajer, Anda harus tahu
bagaimana cara untuk memotivasi tim Anda. Ini tentunya membutuhkan
pemahaman yang mendalam dari anggota tim Anda dan Anda perlu mengasah
kemampuan untuk melihat kelebihan pada setiap anggota tim.
4. Berikan umpan balik yang membangun
Alih-alih membeberkan semua kesalahan dan
kekurangan yang dimiliki oleh anggota tim Anda, Anda harus belajar
bagaimana cara untuk memberikan umpan balik yang lebih membangun. Ini
tidak hanya akan membantu seseorang untuk menyadari kesalahannya, tetapi
juga memotivasi anggota tim Anda untuk tidak mengulangi kesalahan itu.
5. Menjaga kekompakan anggota tim
Bila Anda memiliki beberapa orang yang bekerja
di bawah Anda sebagai sebuah tim, Anda akan mengalami beberapa bentrokan
ego atau masalah pribadi di antara mereka. Ini adalah tanggung jawab
Anda untuk mengetahui bagaimana cara untuk menjaga tim Anda bisa bekerja
dengan baik. Anda harus memahami karakter masing-masing tim. Selain
itu, Anda juga harus memastikan bahwa Anda tidak berat sebelah terhadap
salah seorang anggota dan memperlakukan mereka semua dengan cara yang
sama.
6. Bertanggung jawab atas kesalahan Anda
Hanya karena Anda adalah seorang manajer, tidak
berarti bahwa Anda tidak pernah melakukan kesalahan. Suatu saat, Anda
bisa saja mengambil keputusan yang salah atau melakukan kesalahan dalam
pekerjaan Anda. Ingat, jangan pernah menutupi kesalahan Anda dan
mencari-cari alasan untuk membenarkan tindakan Anda. Akuilah kesalahan
Anda dan bertanggung jawablah atas apa yang telah Anda lakukan. Sikap
ini akan menular kepada bawahan Anda dan sekaligus menginspirasi setiap
anggota tim untuk mengikutinya.
Inilah tujuh hal yang harus Anda lakukan jika ingin menjadi seorang manajer yang sukses dan dihormati oleh bawahan. Selamat mencoba!
7. Tahu cara berkomunikasi yang baik
Sangat penting bahwa Anda dapat menyampaikan pesan dengan jelas, tanpa harus mengulangi berkali-kali kepada anggota tim Anda. Anda juga harus jelas tentang tujuan dan sasaran Anda dalam bekerja. Juga, belajarlah untuk berkomunikasi dengan baik. Mulailah belajar untuk mencari tahu kapan Anda harus bicara dan bagaimana caranya mengatakan hal-hal yang ingin Anda sampaikan agar orang lain tak salah mengartikannya.Inilah tujuh hal yang harus Anda lakukan jika ingin menjadi seorang manajer yang sukses dan dihormati oleh bawahan. Selamat mencoba!
No comments:
Post a Comment