Comments

Friday, December 20, 2013

7 Tips jadi manajer sukses yang disegani bawahan

Posted by at 9:24 PM Read our previous post

http://ariswildan.blogspot.com/search/label/cara%2Ftrik

Menjadi seorang leader memang tak mudah. Selain dituntut untuk memenuhi target yang tinggi, seorang manajer harus bisa mengatur timnya. Untuk itu, Anda butuh strategi yang matang dan cerdas dalam mengelola pekerjaan, serta memimpin anggota tim Anda. Nah, berikut adalah tujuh tips ampuh menjadi seorang manajer yang sukses dan dihormati oleh bawahan. Yuk simak tipsnya!

1. Belajar caranya mendelegasikan

 Sebagai seorang manajer, sudah menjadi tanggung jawab Anda untuk bisa mengetahui siapa yang akan menjadi pilihan terbaik untuk suatu tugas tertentu. Untuk memahami itu, Anda harus memperhatikan potensi dan kekurangan dari masing-masing anggota tim Anda. Ini tentunya memerlukan suatu analisis dan observasi.

2. Memberi contoh

 Setiap kali Anda memberikan arahan kepada anggota tim untuk bekerja dengan cara tertentu atau mengikuti etika kerja tertentu, Anda harus memastikan bahwa Anda sendiri telah melakukannya dengan benar, sesuai dengan apa yang telah Anda sampaikan. Misalnya, Anda tidak bisa mengharapkan anggota tim Anda datang tepat waktu, jika Anda sendiri masih sering datang terlambat. Tim Anda akan menghormati Anda, jika mereka melihat Anda telah mengikuti semua hal yang telah Anda ajarkan kepada mereka.

3. Tahu caranya memotivasi tim

 Sebagai seorang manajer, Anda harus tahu bagaimana cara untuk memotivasi tim Anda. Ini tentunya membutuhkan pemahaman yang mendalam dari anggota tim Anda dan Anda perlu mengasah kemampuan untuk melihat kelebihan pada setiap anggota tim.

4. Berikan umpan balik yang membangun

Alih-alih membeberkan semua kesalahan dan kekurangan yang dimiliki oleh anggota tim Anda, Anda harus belajar bagaimana cara untuk memberikan umpan balik yang lebih membangun. Ini tidak hanya akan membantu seseorang untuk menyadari kesalahannya, tetapi juga memotivasi anggota tim Anda untuk tidak mengulangi kesalahan itu.

5. Menjaga kekompakan anggota tim

Bila Anda memiliki beberapa orang yang bekerja di bawah Anda sebagai sebuah tim, Anda akan mengalami beberapa bentrokan ego atau masalah pribadi di antara mereka. Ini adalah tanggung jawab Anda untuk mengetahui bagaimana cara untuk menjaga tim Anda bisa bekerja dengan baik. Anda harus memahami karakter masing-masing tim. Selain itu, Anda juga harus memastikan bahwa Anda tidak berat sebelah terhadap salah seorang anggota dan memperlakukan mereka semua dengan cara yang sama.

6. Bertanggung jawab atas kesalahan Anda

 Hanya karena Anda adalah seorang manajer, tidak berarti bahwa Anda tidak pernah melakukan kesalahan. Suatu saat, Anda bisa saja mengambil keputusan yang salah atau melakukan kesalahan dalam pekerjaan Anda. Ingat, jangan pernah menutupi kesalahan Anda dan mencari-cari alasan untuk membenarkan tindakan Anda. Akuilah kesalahan Anda dan bertanggung jawablah atas apa yang telah Anda lakukan. Sikap ini akan menular kepada bawahan Anda dan sekaligus menginspirasi setiap anggota tim untuk mengikutinya.

7. Tahu cara berkomunikasi yang baik

 Sangat penting bahwa Anda dapat menyampaikan pesan dengan jelas, tanpa harus mengulangi berkali-kali kepada anggota tim Anda. Anda juga harus jelas tentang tujuan dan sasaran Anda dalam bekerja. Juga, belajarlah untuk berkomunikasi dengan baik. Mulailah belajar untuk mencari tahu kapan Anda harus bicara dan bagaimana caranya mengatakan hal-hal yang ingin Anda sampaikan agar orang lain tak salah mengartikannya.

Inilah tujuh hal yang harus Anda lakukan jika ingin menjadi seorang manajer yang sukses dan dihormati oleh bawahan. Selamat mencoba!

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template