Comments

Thursday, December 19, 2013

9 Makanan yang baik dikonsumsi setelah melahirkan

Posted by at 4:33 AM Read our previous post
http://ariswildan.blogspot.com/search/label/ibu%20hamil

Selama hamil ada banyak makanan yang dihindari oleh wanita untuk menjaga kesehatan mereka dan bayi. Namun bukan berarti setelah melahirkan ibu bisa makan semua hal yang sudah menjadi pantangan saat hamil.

Setelah melahirkan, ibu tetap harus memilih makanan yang dikonsumsi. Beberapa makanan berikut ini kaya akan kalori yang aman untuk dikonsumsi ibu setelah melahirkan. Apa saja? Berikut adalah rinciannya, seperti dilansir oleh Boldsky.

1. Pasta

- Salah satu makanan terbaik yang bisa dikonsumsi ibu setelah melahirkan adalah pasta. Makanan ini kaya kalori dan energi yang cocok dinikmati setelah berjam-jam melakukan proses melahirkan.

2. Keju

 Makanan selanjutnya yang aman dan sehat dikonsumsi setelah melahirkan adalah keju. Salah satu produk susu ini kaya akan kalsium yang baik dikonsumsi serta dinikmati terutama bagi ibu yang tengah menyusui si buah hati.

3. Buah citrus

 Ada beberapa buah citrus yang bisa dikonsumsi setelah melahirkan, antara lain jeruk, anggur, dan lainnya. Namun sebaiknya konsumsi buah ini dalam batas yang wajar dan jangan berlebihan.

4. Biji bunga matahari

 Biji bunga matahari diketahui mengandung banyak asam folat yang baik dikonsumsi setelah melahirkan. Makanlah biji bunga matahari sebelum Anda menyusui karena makanan ini bisa meningkatkan produksi ASI.

5. Kopi

 Selama kehamilan wanita biasanya disuruh menjauhi kopi karena bisa mempengaruhi pertumbuhan janin. Namun setelah melahirkan Anda boleh menikmati secangkir kopi karena akan membuat Anda merasa lebih tenang. Kopi juga bisa memberikan energi yang dibutuhkan setelah melahirkan.

6. Susu

 Susu adalah minuman yang wajib dimiliki ibu setelah melahirkan. Susu mengandung banyak kalsium yang baik bagi ibu menyusui. Segelas susu bisa dikonsumsi satu jam setelah menyusui bayi yang baru lahir.

7. Sayuran hijau

 Sayuran hijau disebut sebagai salah satu makanan wajib setelah melahirkan. Ibu harus memiliki diet yang seimbang dan kaya akan vitamin K. Vitamin K dalam sayuran hijau ditengarai mampu membantu bayi menyerap zat besi dan nutrisi dari ASI.

8. Ikan

 Ikan seperti salmon dan tuna diketahui mengandung asam lemak omega-3 yang baik untuk pertumbuhan otak dan mata bayi. Peneliti menyebutkan bahwa ibu yang baru melahirkan dan menyusui harus mengonsumsi setidaknya dua porsi ikan per minggu.

9. Karbohidrat

Setelah melahirkan ibu membutuhkan banyak karbohidrat untuk mendapatkan kembali energi. Beberapa sumber karbohidrat terbaik untuk dikonsumsi setelah melahirkan adalah nasi dan barley.

Itulah beberapa makanan yang baik untuk dikonsumsi oleh ibu setelah melahirkan. Makanan di atas sebaiknya dikonsumsi secara wajar dan tidak berlebihan. Jika Anda memiliki masalah kesehatan atau pantangan terkait makanan di atas, sebaiknya juga diskusikan pada dokter terlebih dahulu makanan apa saja yang boleh Anda konsumsi.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template