Comments

Thursday, December 19, 2013

6 Efek buruk akibat terlalu banyak olahraga

Posted by at 4:50 AM Read our previous post
http://ariswildan.blogspot.com/search/label/kesehatan

Olahraga adalah salah satu aktivitas yang bisa membuat tubuh lebih bugar. Tak hanya itu, olahraga juga banyak dilakukan untuk menurunkan berat badan. Namun terkadang, saking semangatnya berolahraga seseorang terlalu memaksakan diri dan terlalu banyak berolahraga. Sama halnya dengan kurang olahraga, terlalu banyak melakukan olahraga justru tak baik untuk tubuh. Beberapa efek buruk berikut ini bisa terjadi jika Anda olahraga secara berlebihan, seperti dilansir oleh Health Me Up

1. Lebih mudah cidera

 Ketika orang terlalu banyak olahraga, tubuh mereka justru lebih rentan cidera. Salah satu tandanya adalah ketika otot terasa nyeri. Ketika terlalu banyak olahraga, ligamen akan menjadi tegang sehingga Anda lebih mudah mengalami patah tulang juga. Tubuh Anda butuh istirahat, terlalu memforsirnya akan menyebabkan jaringan tubuh mudah rusak.

2. Kurang nutrisi

 Melakukan olahraga secara berlebihan bisa mengurangi massa otot dan membuat tubuh kurang nutrisi. Anda memaksa tubuh terus mengolah nutrisi dengan terus-menerus berolahraga. Pada akhirnya hal ini akan mempengaruhi kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan.

3. Sistem kekebalan tubuh menurun

 Olahraga memang bisa membantu menguatkan kekebalan tubuh. Namun jika terlalu banyak berolahraga yang terjadi justru sebaliknya. Sistem kekebalan tubuh Anda akan melemah karena tubuh yang kelelahan. Akhirnya, sistem kekebalan tubuh tak cukup efisien untuk membunuh bakteri atau mencegah infeksi.

4. Masalah tidur

 Olahraga berlebihan membuat tubuh merasa kelelahan dan tak bertenaga. Akibatnya, tubuh menjadi sulit tenang. Seluruh tubuh Anda akan terasa sakit karena olahraga yang terlalu keras sehingga Anda bahkan mengalami kesulitan tidur nyenyak.

5. Kelainan makan

Terobsesi melakukan olahraga untuk menurunkan berat badan bisa memicu munculnya kelainan makan seperti bulimia atau anoreksia. Beberapa penyebab munculnya bulimia dan kelainan makan lainnya adalah akibat olahraga yang berlebihan.

6. Mengganggu siklus menstruasi

Yang satu ini berlaku untuk wanita. Melakukan olahraga berlebihan juga bisa menyebabkan siklus menstruasi yang tak teratur. Jika terlalu parah, siklus menstruasi bahkan bisa berhenti.

Itulah beberapa efek buruk jika Anda terlalu banyak berolahraga. Lakukan olahraga secara wajar untuk menjaga kebugaran dan berat badan, namun jangan berlebihan.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template