Comments

Friday, December 20, 2013

kebiasaan makan sehat dari 12 negara ini

Posted by at 10:47 PM Read our previous post
http://ariswildan.blogspot.com/search/label/international

Demi menjaga kesehatan, ada baiknya Anda mulai menerapkan pola hidup sehat. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk memulai pola hidup sehat. Salah satu caranya adalah dengan memulai pola makan sehat.

Ternyata masing-masing negara di dunia ini mempunyai pola makan sehat yang telah sejak lama dianut oleh para penduduknya. Berikut adalah pola makan sehat dari 12 negara seperti dilansir dari care2.com.

1. Makanlah di rumah lebih sering daripada makan di restoran (Polandia)

 Banyak manfaat yang bisa didapat apabila Anda lebih sering makan di rumah daripada makan di restoran atau kafe. Selain lebih menguntungkan secara sisi ekonomi, Anda juga lebih bisa mengawasi kebersihan serta nutrisi yang ada di dalam makanan yang dimasak di rumah.

2. Mengonsumsi daging bukan sebagai menu utama (negara Asia)

 Berbeda dengan negara Eropa dan Amerika yang memperlakukan daging sebagai menu utama, kebanyakan orang Asia mengonsumsi daging hanya sebagai pelengkap dalam masakannya. Seperti ditambahkan pada mie, sup, atau tumis sayuran. Orang Asia melakukan hal ini karena mereka ingin mendapatkan zat tambahan protein.

3. Mengonsumsi teh rooibos (Afrika Selatan)

 Teh rooibos adalah teh khas dari negara ini. Teh ini mempunyai rasa manis yang natural serta lebih sarat nutrisi daripada teh hijau. Masyarakat Afrika Selatan mengonsumsi teh ini untuk menekan nafsu makan dan memperoleh tambahan zat antioksidan.

4. Banyak-banyaklah mengonsumsi kacang (Afrika)

 Kacang-kacangan dikenal menyimpan banyak manfaat bagi kesehatan. Kacang-kacangan kaya akan protein dan lemak yang sehat. Oleh karena itu kacang-kacangan menjadi menu yang populer bagi para vegetarian. Selain itu kacang-kacangan juga ampuh untuk menghalau resiko kanker.

5. Mengunyah acar sayuran (Hungaria)

 Acar mengandung asam asetat yang baik untuk kesehatan karena dapat menekan tekanan darah serta mengurangi pembentukan lemak gula darah. oleh karena itu masyarakat Hungaria mempunyai kebiasaan untuk mengonsumsi acar yang terbuat dari sayuran.

6. Makanlah kacang dengan nasi (Brazil)

 Nasi menyimpan banyak kalori serta kandungan gula yang tersembunyi.Oleh karena itu untuk meminimalisir dampak buruk dari mengonsumsi nasi, maka masyarakat Brazil mencampur kacang dengan nasi. Kacang akan menyerap kalori yang ada di dalam nasi saat tubuh Anda mencernanya.

7. Mengonsumsi makanan pedas (Thailand)

 Selain lezat, makanan pedas juga mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan seperti mempercepat proses metabolisme di dalam tubuh. Dengan sistem metabolisme yang lancar, maka Anda akan terhindar dari kenaikan berat badan.

8. Memperlakukan makan siang sebagai jam makan paling utama (Meksiko)

 Dengan memperlakukan makan siang sebagai jam makan yang paling utama maka setiap kalori yang Anda telan tidak akan sempat disimpan menjadi lemak. Hal ini disebabkan karena di jam makan siang, sistem pencernaan tubuh bekerja dengan maksimal untuk menyerap nutrisi makanan dan juga membakar lemak di dalam tubuh.

9. Makan secara perlahan dan dinikmati (Prancis)

 Pola makan ini akan membuat Anda begitu benar-benar menikmati makanan sehingga Anda merasakan nikmat dari makanan yang Anda konsumsi. Pola makan seperti ini dapat menghindarkan Anda dari mengonsumsi terlalu banyak makanan.

10. Jangan melewatkan sarapan (Jerman)

 Sarapan adalah salah satu jam makan yang penting. Oleh karena itu masyarakat Jerman tidak pernah melewatkan sarapan. Sarapan mempunyai manfaat antara lain menyediakan nutrisi yang Anda butuhkan selama seharian. Masyarakat Jerman juga mempunyai kebiasaan untuk mengonsumsi sarapan sehat seperti telur rebus, roti gandum, dan buah-buahan.

11. Mengonsumsi makanan yang mengandung kunyit (Malaysia)

Kari adalah salah satu masakan yang mengandung kunyit. Kunyit dikenal baik untuk kesehatan karena mengandung zat yang disebut curcumin. Zat ini mampu memperlancar pembakaran lemak di dalam tubuh Anda.

6. Rajin mengonsumsi makanan laut (Jepang)

Masyarakat Jepang sangat gemar mengonsumsi makanan laut. Makanan laut baik untuk kesehatan karena mengandung asam lemak omega 3 yang tinggi. Asam lemak ini baik untuk meningkatkan fungsi otak, meningkatkan kesehatan jantung, menurunkan kadar hormon stres yaitu kortisol, serta ampuh untuk membakar timbunan lemak di perut.

Jadi, bagi Anda yang ingin menerapkan pola hidup sehat tidak ada salahnya apabila Anda menerapkan contoh pola makan sehat di atas demi kesuksesan program diet Anda.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template