Comments

Friday, December 20, 2013

Usir rasa lapar dengan 9 makanan ini

Posted by at 9:37 PM Read our previous post

http://ariswildan.blogspot.com/search/label/makanan%20dan%20minuman

Anda sering merasa mudah lapar, tapi tak ingin makan terlalu banyak? Jangan khawatir. Ada beberapa makanan yang bisa membantu Anda untuk merasa lebih cepat kenyang sekaligus merasa kenyang lebih lama.

Beberapa makanan ini akan menjauhkan Anda dari kebiasaan ngemil yang bisa membuat Anda lebih cepat gemuk. Makanan apa saja yang bisa membuat cepat kenyang? Ini dia daftarnya, seperti dilansir oleh Health.

1. Kentang rebus

 Selama ini kentang dianggap sebagai makanan yang bisa 'membunuh' rasa lapar. Dalam sebuah penelitian terungkap bahwa kentang rebus ada di daftar atas makanan yang paling mengenyangkan. Setelah makan kentang rebus, orang merasa kenyang dan bahkan tak ingin makan selama dua jam setelahnya.

Meski kentang seringkali dijauhi karena kadar karbohidratnya yang tinggi, namun kentang juga mengandung vitamin, serat, dan nutrisi yang baik untuk tubuh. Agar kenyang lebih lama konsumsi kentang rebus sekaligus kulitnya. Namun tentunya sebelumnya Anda harus membersihkannya terlebih dahulu.

2. Sup

Sup mengandung banyak air yang akan membuat Anda cepat kenyang sekaligus tidak mengandung terlalu banyak kalori. Isi su dengan sayuran yang mengandung karbohidrat dan protein. Karbohidrat yang baik akan melepaskan gula secara perlahan ke aliran darah dan membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

3. Telur

 Sebuah penelitian dari Saint Louis University menemukan bahwa orang yang makan telur saat sarapan merasa kenyang lebih lama. Selain itu, telur mengandung protein dan asam amino yang dibutuhkan tubuh. Asam amino yang ada di dalamnya akan melepaskan hormon yang menekan rasa lapar ketika dicerna dalam tubuh. Ingat untuk memakan telur secara utuh, termasuk kuning telur karena setengah protein telur ada dalam bagian tersebut. Menambahkan sayuran ketika menggoreng telur dadar juga bisa menambahkan serat yang menyehatkan.

4. Apel

 Apel adalah salah satu buah yang mengandung pectin. Pectin merupakan hormon yang secara alami memperlambat pencernaan dan membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Orang yang mengonsumsi apel saat mulai makan akan merasa lebih cepat kenyang dan tak lapar dalam waktu yang lama. Tambahkan potongan apel dalam oatmeal atau salad untuk membuat Anda cepat kenyang.

5. Yogurt

 Penelitian dari Harvard mengungkap kebiasaan makan dari 120.000 orang selama 20 tahun. Mereka menemukan bahwa yogurt adalah salah satu makanan yang bisa membuat orang cepat menurunkan berat badan. Selain mengontrol tingkat gula dalam darah, yogurt juga bisa membuat orang kenyang lebih lama, sehingga mereka tak makan terlalu banyak kalori.

6. Popcorn

 Kebanyakan orang makan popcorn ketika menonton film. Popcorn bukanlah cemilan biasa karena bisa membuat Anda cepat kenyang serta kenyang lebih lama. Popcorn menyebabkan perut penuh dan membuat Anda berpikir bahwa Anda mengonsumsi banyak kalori. Padahal popcorn tidak mengandung banyak kalori namun tetap bisa membuat Anda kenyang.

7. Oatmeal

 Oatmeal mengandung banyak serat yang mampu membuat Anda cepat kenyang. Baik ketika dimasak dengan air biasa atau dengan susu, oatmeal akan memperlambat pencernaan dan mengusir lapar Anda lebih lama. Tak hanya itu, oatmeal juga mengandung protein dan lemak tak jenuh yang bisa membantu mengontrol tingkat gula dalam darah.

8. Smoothies

 Siapa bilang minuman tak bisa membuat Anda kenyang? Sebuah penelitian di Penn State University mengungkap bahwa smoothies yang dibuat dengan buah-buahan dan susu bisa membuat Anda merasa lebih cepat kenyang dan mengonsumsi lebih sedikit makanan saat waktu makan berikutnya. Namun hati-hati, jangan mengonsumsi smoothies yang terlalu banyak mengandung gula atau sirup. Gunakan yogurt, es, susu bebas lemak, serta buah-buahan untuk membuat smoothies sehat yang mengenyangkan.

Itulah beberapa jenis makanan yang bisa Anda konsumsi untuk mengusir rasa lapar dan membuat Anda kenyang lebih lama. Makanan di atas bisa membantu Anda mengonsumsi lebih sedikit makanan ketika sedang berdiet. Selamat mencoba!

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template