Comments

Tuesday, December 24, 2013

5 cara atasi perut kembung

Posted by at 7:42 PM Read our previous post



 Banyak orang meremehkan perut kembung. Padahal perut kembung juga bisa menyebabkan rasa tak nyaman dan merupakan gejala yang muncul akibat sindrom iritasi pada usus. Selain itu, perut kembung juga bisa disebabkan oleh kelebihan gas dalam perut.

Bukan hanya tak nyaman, perut kembung terkadang juga menyebabkan rasa sakit. Tak hanya itu, perut yang sering kembung juga bisa menjadi pertanda adanya kanker ovarium. Jika Anda sering mengalami perut kembung, jangan terburu-buru meminum obat-obatan. Redakan dengan beberapa cara alami berikut ini, seperti dilansir oleh Boldsky.

1. Minum air

 Perut kembung disebabkan oleh kekacauan yang terjadi dalam perut. Konstipasi, buang air besar yang tidak teratur, dan buang gas yang tak teratur bisa menyebabkan rasa sakit pada perut. Untuk mengatasinya, minuman banyak air. Air akan menenangkan rasa sakit serta mengurangi masalah konstipasi.

2. Jalan-jalan

 Saat perut terasa kembung dan berat, sebaiknya berjalan-jalanlah. Aktivitas fisik ringan ini bisa membantu Anda mengeluarkan gas yang berkumpul dalam perut. Ini juga cara alami dan cepat untuk meredakan rasa kembung dan rasa sakit akibat perut kembung. Jangan berjalan dengan lambat karena tak akan terasa manfaatnya. Berjalanlah agar cepat atau biasakan berjalan-jalan sebentar setelah makan untuk menghindari rasa kembung.

3. Minum soda

 Minuman soda mengandung karbon dioksida dan sangat bermanfaat untuk masalah perut kembung. Ketika perut terasa berat dan tak nyaman, cobalah minum minuman bersoda. Karbon dioksidanya akan bereaksi dalam perut dan melepaskan gas yang menumpuk di dalamnya. Namun jangan berlebihan karena minuman soda juga tak baik jika diminum setiap hari.

4. Mint

 Mint juga berguna untuk mengatasi perut kembung serta meredakan rasa sakit akibat perut kembung. Anda juga bisa mengonsumsi mint dengan mencampurnya bersama teh atau minuman lain. Campurkan juga berbagai macam bahan yang bisa meredakan rasa kembung seperti jahe, jus lemon, dan lainnya.

5. Mengunyah dengan pelan

 Salah satu cara mencegah perut kembung setelah makan adalah dengan makan dengan lambat dan mengunyah dengan perlahan. Cara ini bisa mengurangi formasi gas yang ada dalam perut. Diet dan olahraga secara teratur juga bisa dilakukan untuk mengurangi masalah pada sistem pencernaan.

Itulah beberapa cara ampuh yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi rasa kembung pada perut setelah makan. Lakukan juga cara di atas untuk mencegah perut terasa kembung. Selamat mencoba!

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template