Comments

Tuesday, December 24, 2013

6 hal yang menyebabkan gusi berdarah

Posted by at 7:52 PM Read our previous post

http://ariswildan.blogspot.com/search/label/kesehatan

Jangan remehkan ketika ada darah pada sikat gigi ketika menyikat gigi. Menurut Dr Peter Doig, gusi berdarah bisa terjadi ketika secara tak sengaja gusi terkena sikat gigi. Namun jika gusi terus berdarah meski tak terkena sikat gigi, sebaiknya Anda mulai waspada.

Beberapa hal dan masalah serius bisa menyebabkan gusi berdarah. Berikut adalah hal-hal yang bisa menyebabkan gusi berdarah, seperti dilansir oleh Best Health Mag.

1. Gingivitis

 Ketika plak dan bakteri menyebabkan bakteri menumpuk pada gigi, gusi akan mengalami peradangan. Hasilnya, Anda akan mengalami gingivitis. Penyakit ini biasanya sering diabaikan karena tak menunjukkan gejala dan tidak terasa sakit. Salah satu tandanya hanya berupa bercak darah yang terkadang ada pada sikat gigi atau dental floss. Namun jika dibiarkan begitu saja, gingivitis bisa menyebabkan kondisi mulut yang parah hingga merusak jaringan gusi dan menyebabkan gigi lepas.

2. Kebiasaan merokok

 Rokok tak hanya buruk untuk paru-paru dan jantung, tetapi juga untuk kesehatan mulut dan gusi. Perokok memiliki risiko tinggi untuk mengalami pendarahan gusi. Kebiasaan merokok bisa meningkatkan risiko seseorang untuk mengalami berbagai macam penyakit mulut dan gigi. Mengisap rokok bisa menyebabkan racun tertinggal di gigi dan sulit dihilangkan. Zat berbahaya ini bisa menyebabkan gusi meradang dan berdarah. Perokok juga memiliki sistem imun yang lebih lemah sehingga lebih mudah terkena infeksi pada gusi.

3. Kurang nutrisi

Salah satu penyebab gusi sering berdarah adalah kurangnya nutrisi. Kurang nutrisi bisa menyebabkan peradangan pada gusi. Mengonsumsi makanan yang sehat seperti sayuran, buah, dan protein yang dibutuhkan tubuh bisa membantu menjaga kesehatan mulut dan gigi sekaligus mencegah gusi berdarah.

4. Perubahan hormon

 Hal ini khusus untuk wanita. Ketika mengalami perubahan hormon saat menstruasi dan hamil biasanya mereka lebih rentan mengalami gusi berdarah. Wanita juga lebih rentan mengalami gingivitis dan masalah mulut dan gigi ketika mereka mengalami perubahan hormon pada masa-masa menstruasi dan kehamilan. Jika Anda merasa hormon adalah penyebab masalah mulut yang dialami, coba konsultasi pada dokter gigi Anda untuk mengetahui cara mencegahnya.

5. Perawatan gigi yang buruk

 Gusi berdarah juga bisa disebabkan oleh perawatan gigi yang buruk. Misalkan jika Anda terlalu keras menyikat gigi atau bahkan jarang menyikat gigi. Selain itu jika Anda terlalu sering menggunakan dental floss. Jaringan gusi adalah jaringan yang lembut. Jika Anda terlalu keras menyikat gigi atau menggunakan dental floss terlalu kasar, bisa-bisa Anda akan membuatnya meradang dan berdarah.

6. Mengonsumsi obat-obatan tertentu

 Mengonsumsi beberapa jenis obat tertentu juga bisa menyebabkan pendarahan gusi. Terkadang dokter gigi Anda mungkin bertanya apakah Anda sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu. Beberapa obat yang terkadang bisa menyebabkan gusi meradang dan menyebabkan gusi berdarah adalah obat untuk tekanan darah.

Itulah beberapa hal yang bisa menyebabkan gusi berdarah. Jika Anda mengalami gusi berdarah, bisa jadi ada hal-hal di atas yang menjadi penyebabnya. Jangan remehkan, dan segera atasi dengan perawatan yang baik atau memeriksakan diri ke dokter gigi.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template