Comments

Friday, December 20, 2013

6 Hal yang mempengaruhi mimpi saat tidur

Posted by at 9:41 PM Read our previous post
http://ariswildan.blogspot.com/search/label/Pengetahuan

Banyak orang yang berpendapat bahwa mimpi bisa jadi sebuah petunjuk atau bahkan hanya bunga tidur. Faktanya, mimpi yang muncul dalam pikiran kita saat tidur juga bisa dipengaruhi oleh banyak hal. Rangsangan yang muncul dari luar, baik berupa bau, suara, dan lainnya bisa diolah oleh tubuh hingga masuk dalam mimpi.

Berikut adalah beberapa hal di sekitar Anda yang bisa mempengaruhi jenis mimpi yang muncul saat tidur. Apa saja? Ini dia daftarnya, seperti dilansir oleh You Beauty

1. Suara

 Suara yang diterima oleh sel saraf saat tidur bisa juga mempengaruhi apa yang terjadi dalam mimpi. Bisa jadi suara alarm di luar menjelma menjadi suara alarm pemadam kebakaran atau siulan dalam mimpi Anda. Penelitian bahkan mengungkap bahwa suara tertentu bisa memberikan suasana yang berbeda pada mimpi. Misalkan seperti memainkan lagu favorit Anda untuk mendapatkan mimpi yang hebat dan menyenangkan. Namun jika ingin tidur dengan lelap, sebaiknya hilangkan semua jenis suara di tempat tidur, atau pilih suara yang bisa menenggelamkan suara lainnya.

2. Bau

 Dalam sebuah penelitian di tahun 2008, peneliti Jerman mengungkap bahwa bau juga bisa mempengaruhi mimpi seseorang, terutama jika bau itu muncul saat mereka dalam tahap tidur REM. Bau yang positif seperti bau bunga mawar, parfum, dan lainnya akan memicu mimpi yang menyenangkan. Sementara bau yang buruk seperti kaos kaki atau telur busuk bisa memicu mimpi yang tak menyenangkan. Hal ini karena sistem limbik yang berada pada otak dan berfungsi mengontrol kemampuan indera penciuman juga berkaitan dengan emosi dan aktif saat tidur.

3. Posisi tidur

Sebuah penelitian dari Hong Kong mengungkap bahwa tidur tengkurap meningkatkan kemungkinan Anda akan mengalami mimpi yang berkaitan dengan hal-hal seksual atau hal-hal yang berkaitan dengan kematian dan siksaan. Ketika tidur tengkurap banyak orang yang mengalami mimpi berhubungan seksual atau malah tengah disiksa hingga ingin mati. Hal ini masuk akal karena ketika tidur tengkurap, perut dan area genital langsung menyentuh tempat tidur. Anda bisa bermimpi tentang seks, atau justru tak bisa bernapas dan bermimpi seolah akan mati.

Penelitian ini juga mengungkap bahwa cara terbaik untuk mengingat mimpi adalah tetap dalam posisi tersebut sampai Anda terbangun. Posisi tidur yang sama akan memicu Anda untuk mengingat atau bahkan mengalami mimpi yang sama.

4. Keadaan pikiran

 Hal ini tak mengejutkan, pikiran Anda mengetahui apa yang tengah Anda alami dan suasa hati saat itu. Keadaan pikiran baik sedang senang atau depresi bisa dengan mudah mempengaruhi mimpi yang Anda alami saat tidur. Penelitian mengungkap bahwa keadaan pikiran bisa mempengaruhi warna yang Anda lihat saat tidur. Jika mimpi Anda cenderung hitam putih, berwarna kelabu dan tidak cerah, bisa jadi Anda tengah mengalami depresi. Keadaan pikiran juga bisa diketahui melalui cuaca dalam mimpi. Rasa cemas biasanya menjelma menjadi tornado atau angin yang kencang dan cuaca yang buruk. Sementara kesedihan dan depresi biasanya muncul sebagai hujan. Pikiran yang tenang akan membuat cuaca dalam mimpi Anda cerah.

5. Menghentikan kebiasaan

 Jika Anda tengah melakukan diet atau mencoba berhenti dari kebiasaan buruk seperti merokok atau minum alkohol, ini juga bisa mempengaruhi mimpi. Kebanyakan orang akan memimpikan hal yang sedang mereka hindari saat itu. Misalkan Anda tengah berusaha berhenti merokok, maka tak heran jika Anda bermimpi tentang rokok. Orang yang mencoba menghentikan kebiasaan buruk biasanya masih sering mengalami mimpi tentang kebiasaannya itu bahkan setelah 30 tahun setelahnya, menurut peneliti.

6. Obat dan vitamin

 Obat dan vitamin yang diminum juga bisa mempengaruhi mimpi. Terlalu banyak mengonsumsi obat misalnya, bisa mempengaruhi tahap REM tidur dan membuat Anda sedikit 'gila'. Tak hanya itu, obat dan vitamin yang diminum juga bisa membantu Anda mengingat mimpi. Salah satunya adalah vitamin B6 yang dipercaya bisa membantu orang mengingat mimpi mereka.

Itulah beberapa hal yang bisa mempengaruhi mimpi yang Anda alami saat tidur. Tak semua mimpi adalah petunjuk atau sekedar perilaku otak yang tengah melantur. Bisa jadi semua mimpi yang Anda alami selama ini adalah produk dari lingkungan sekitar yang masuk dalam mimpi Anda melalui panca indera yang masih aktif. Jadi, mimpi apa Anda semalam?

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template