Comments

Thursday, December 19, 2013

4 Hal ini mengganggu kestabilan sistem metabolisme tubuh

Posted by at 5:13 AM Read our previous post

http://ariswildan.blogspot.com/search/label/kesehatan

-
Sistem metabolisme sangatlah penting bagi kesehatan tubuh. Sistem metabolisme cukup banyak berperan dalam menjaga kestabilan berat badan Anda. Apabila sistem metabolisme tidak berjalan dengan baik, maka tubuh tidak mampu untuk mencerna nutrisi dan kalori dengan baik sehingga berakibat pada kenaikan berat badan.

Berikut adalah 4 hal yang dapat mengganggu sistem metabolisme tubuh Anda seperti dilansir dari care2.com.

Diet
Makanan dapat memenuhi kebutuhan nutrisi Anda sehingga dapat menjaga kesehatan secara umum dan juga kesehatan sistem metabolisme tubuh Anda. Vitamin, mineral, asam amino esensial, dan probiotik adalah nutrisi penting yang tidak dapat diproduksi sendiri di dalam tubuh sehingga membutuhkan tambahan nutrisi dari luar. Oleh karena itu saat Anda berdiet dan kebutuhan akan nutrisi tersebut tidak dapat tercukupi dengan baik, maka dapat berakibat buruk pada kesehatan sistem metabolisme tubuh Anda.

Kekurangan mineral
Mineral seperti kalsium, magnesium, tembaga, dan seng sangat penting untuk pertumbuhan struktur jaringan di dalam tubuh termasuk tulang, kulit, dan rambut. Nutrisi juga memainkan peranan penting sebagai elektrolit yang mengatur muatan listrik di dalam tubuh. Muatan listrik diperlukan untuk penghapusan racun dan termasuk menjaga kesehatan sistem metabolisme tubuh. Kekurangan mineral dapat berhubungan dengan masalah metabolisme tubuh yang serius seperti gangguan pencernaan, sakit kepala, kelelahan, termasuk impotensi.

Kekurangan enzim
Enzim terlibat dalam semua proses metabolisme dalam tubuh. Senyawa protein ini berfungsi sebagai katalis yang memecah nutrisi makanan menjadi energi. Enzim juga berperan penting dalam sistem metabolisme tubuh seperti enzim lipase yang dapat membantu mempercepat pembakaran lemak. Namun sayangnya kekurangan nutrisi akan membuat tubuh menghasilkan enzim dalam jumlah yang sedikit.

Jarang berolahraga
Olahraga adalah metode yang paling efektif dalam meningkatkan sistem metabolisme tubuh. Olahraga yang teratur serta diet yang tepat akan membantu Anda akan memperbaiki sistem metabolisme tubuh Anda.

Sistem metabolisme diperlukan untuk menjaga kesehatan serta menyeimbangkan semua sistem yang ada di dalam tubuh Anda. Oleh karena itu hindari hal-hal yang dapat mengganggu sistem metabolisme dalam tubuh Anda seperti diet secara tidak tepat yang dapat menyebabkan kekurangan nutrisi.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template