Comments

Monday, May 13, 2013

Baca artikel tentang penyakit bisa ganggu kesehatan?

Posted by at 5:25 AM Read our previous post
Baca artikel tentang penyakit bisa ganggu kesehatan?
Sebuah penelitian terbaru menyebutkan bahwa artikel mengerikan tentang penyakit tertentu bisa memicu gejala masalah kesehatan pada sebagian orang.
Peneliti tepatnya menyebut fenomena itu sebagai hipersensitivitas elektromagnetik yang berkaitan dengan para pengguna telepon genggam.
"Ini seperti kebalikan dari efek placebo, seperti percaya bahwa sesuatu bisa menyembuhkan, maka seseorang akan sembuh. Sementara fenomena takut akan kondisi tertentu setelah membaca artikel tentang penyakit bisa disebut dengan nocebo," terang Dr Michael Witthvft dari Johannes Gutenberg University di Jerman.
Contohnya, seseorang yang terlalu sensitif terhadap masalah elektromagnetik akan mengeluhkan beberapa gejala seperti sakit kepala, pusing, merasa terbakar, atau merinding di kulit setelah membaca artikel mengenai hipersensitivitas elektromagnetik itu sendiri.
"Sebuah tes juga menunjukkan kalau orang-orang yang mengalami gejala tersebut sebenarnya tidak yakin apakah mereka pernah benar-benar terlibat di bidang elektromagnetik," tambah Dr Witthvft, seperti yang dikutip dari Daily Mail.
Sebanyak 147 responden terlibat dalam penelitian ini. Mereka dibagi menjadi dua kelompok dan diminta menyaksikan potensi bahaya telepon genggam dan sinyal WiFi. Sementara yang lain membaca laporan tentang keamanan internet dan data telepon genggam.
Meskipun mereka semua tidak terkena radiasi apapun, beberapa responden anehnya memperlihatkan gejala gangguan kesehatan seperti yang tertulis dalam artikel yang dibaca. Misalnya lemas, konsentrasi menurun, gemetar di bagian jari, lengan, dan kaki.
Dr Witthvft pun menambahkan jika laporan yang sensasional mengenai masalah kesehatan tertentu namun kurang bukti mampu memberi efek samping yang signifikan bagi masyarakat dalam jumlah besar.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template