Comments

Tuesday, May 28, 2013

10 Hal Yang Terkadang Keliru Soal Agama Islam

Posted by at 4:46 AM Read our previous post
10 Hal Yang Terkadang Keliru Soal Agama Islam

Sebagai salah satu agama dengan jumlah pemeluk terbesar di dunia, agama Islam memang mengalami perubahan yang begitu besar dalam satu abad terakhir.
Dengan Al-Qur'an sebagai kitab suci mereka, umat Muslim sudah tersebar milyaran totalnya di seluruh dunia ini dan berhasil berdampingan dengan pemeluk Kristen, Katolik, Buddha, Hindhu, dan kepercayaan lainnya. Bahkan Indonesia menjadi negara demokrasi dengan jumlah Muslim terbesar di dunia.
Namun dalam satu dekade terakhir, seringkali beberapa orang menganggap keliru soal agama Islam seperti tudingan banyaknya pelaku teroris dunia yang beragama Islam. Sebagai pembelajaran bersama, berikut 10 hal yang terkadang keliru mengenai Islam. Baik atau buruk seseorang tergantung pada pribadinya dan kembali ke penilaian kamu.


1. Muslim Adalah Arab 

Muslim Adalah Arab


Kesalahpahaman: Semua muslim adalah Arab, semua Arab adalah Muslim

Imej umum yang dianggap seringkali Muslim adalah orang Arab kulit gelap dengan surban dan jenggot yang panjang. Namun itu hanyalah bagian minoritas dari Muslim. Hanya 15% dari total pemeluk agama Islam di dunia adalah kaum Arab. Secara mengejutkan populasi Islam di dunia adalah kawasan Asia Timur (69%) dan Afrika (27%). Di Arab sendiri, populasi Muslim sebesar 75% dengan sisanya agama lain seperti Kristen dan Yahudi.

2. Poligami Dalam Islam 

Poligami Dalam Islam


Kesalahpahaman: Islam membolehkan pria memiliki banyak istri

Dalam Surat An Nisa disebutkan bahwa Islam membolehkan seorang pria beristri hingga empat orang istri dengan syarat sang suami dapat berbuat adil terhadap seluruh istrinya. Namun jika tak bisa berlaku adil, maka kamu hanya bisa memiliki satu orang istri. Lagipula Nabi Muhammad s.a.w memilih istri-istri dengan harapan meningkatkan derajat sang wanita, bukan sebagai nafsu belaka.


3. Hak Anak-Anak 

Hak Anak-Anak


Kesalahpahaman: Anak-anak tidak memiliki hak

Menurut hukum Islam, anak-anak memiliki beberapa hak. Salah satunya adalah hak untuk dibesarkan, diangkat, dan diberi pendidikan. Islam dan seperti halnya agama lain di dunia, mendorong anak-anak selalu hidup dalam kebajikan dan menjadi tanggung jawab orang dewasa dan harus diperlakukan sama. Bahkan Islam juga mengatur mengenai hak warisan dari harta kekayaan orangtuanya.


4. Intoleransi Agama 

Intoleransi Agama


Kesalahpahaman: Islam tidak menghormati agama lain.

'Bunuh Kafir' (orang yang beragama non Islam) adalah ungkapan 'mengerikan' yang dipercaya itu menjadi pegangan Muslim oleh mereka yang non Muslim. Namun dalam Al-Qur'an ada ayat yang menjelaskan bahwa Allah SWT tidak melarang Muslim untuk berinteraksi dengan pemeluk agama lain. Karena memang sebuah kepercayaan agama adalah pilihan orang itu sendiri dengan segala konsekuensinya. Kamu setuju?

5. Jihad Dalam Islam 

Jihad Dalam Islam


Kesalahpahaman: Jihad selalu digambarkan dengan perang

Dalam bahasa Arab, Jihad memang berarti berjuang. Namun dalam Islam penjelasan Jihad begitu luas dan dipersempit berjuang di jalan Allah SWT. Seperti Jihad melawan hawa nafsu, jihad melalui ucapan, jihad melalui tindakan, dan jihad yang memakai pedang. Bahkan seorang Muslim yang berjihad melawan dirinya sendiri seperti saat puasa itu lebih besar daripada jihad saat perang. Termasuk seorang perempuan yang meninggal saat melahirkan, dia sudah berjihad.

6. Pernikahan Dini 

Pernikahan Dini


Kesalahpahaman: Nabi Muhammad s.a.w adalah seorang pedofil

Disebutkan bahwa sang Nabi Besar Muhammad menikahi Aisyah ketika gadis itu masih di bawah umur. Ada yang bilang saat berusia 9 tahun atau 12 tahun meski bukti sah soal umur Aisyah saat menikah masih dipertanyakan sampai saat ini. Yang jelas dalam kehidupan modern, seseorang yang sudah pubertas (menstruasi untuk cewek, mimpi basah untuk pria) dianggap sudah dewasa dan memiliki kebebasan untuk menentukan pilihan. Tergantung kepada pemikiranmu masing-masing ya.

7. Muslim Itu Keji 

Muslim Itu Keji


Kesalahpahaman: Muslim sangat biadab dan keji ketika perang

Justru sebaliknya, jika kamu mempelajari hukum Islam yang berdasar Al-Qur'an maka disebutkan bahwa seorang prajurit Muslim harus mematuhi 10 hal saat perang seperti: tak ada pengkhianatan, tak menyimpang dari jalan yang benar, tidak memutilasi mayat, tidak membunuh anak-anak/wanita/kaum lansia, tidak merusak pepohonan/bangunan, tidak menghancurkan sekelompok musuh dan membiarkan orang-orang yang mengabdikan diri untuk kegiatan rohani.


8. Hak Perempuan 

Hak Perempuan


Kesalahpahaman: Perempuan tidak memiliki hak

Muslim selalu menggambarkan seorang perempuan adalah mereka yang menutupi aurat dengan kerudung dari atas kepala sampai kaki. Namun faktanya di dunia ada negara-negara modern yang membiarkan perempuan Muslim mereka bisa menjadi pemimpin dan melakukan beberapa hal yang sudah menjadi konsekuensi mereka sendiri. Bahkan kini banyak perempuan Muslim yang mencari pengetahuan sampai tinggi namun tetap seimbang dalam kehidupan rohaninya. Dan ketika menutup aurat menjadi kewajiban bagi perempuan Muslim, itu semua tergantung pada pilihan mereka yang sudah dianggap dewasa dengan segala konsekuensi yang ada.

9. Disebar Melalui Perang 

Disebar Melalui Perang


Kesalahpahaman: Agama Islam disebarkan melalui pedang

Banyak sejarah mencatat bahwa Muslim jaman dulu sering melakukan perang dan menyebarkan agama melalui itu. Namun tidak ada satupun bukti sejarah yang memaksa bahwa Islam memaksa orang-orang masuk dalam kelompok mereka dengan pedang sebagai ancaman. Bahkan bangsa Mongol yang menyerang dan menaklukan sebagian besar kerajaan Islam di masa lalu justru mencoba mempelajari Islam dan beberapa orang ada yang menjadi Muslim. Jadi? Semua tergantung pada kepribadian dan pilihan setiap orang.

10. Muslim Adalah Teroris 

Muslim Adalah Teroris


Kesalahpahaman: Muslim adalah teroris

Mungkin ini adalah kesalahpahaman terbesar dari agama Islam. Suatu hal yang tidak adil jika kamu menuding seluruh Muslim adalah teroris hanya dengan melihat sekelompok teroris gila adalah pemeluk Islam? Yang salah bukanlah dengan Islam atau ayat-ayat yang ada dalam kitab-nya. Yang keliru hanyalah pemahaman seseorang dan pilihannya untuk menjadi pribadi yang baik atau buruk dan itu bisa terjadi kepada semua orang.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template