Comments

Monday, May 27, 2013

13 Keuntungan bernapas dalam-dalam bagi kesehatan

Posted by at 4:37 AM Read our previous post

13 Keuntungan bernapas dalam-dalam bagi kesehatan

Coba perhatikan saat Anda mengambil napas. Apakah sudah mengambil napas cukup dalam? Sebagian dari kita sering mengabaikannya. Padahal bernapas dalam-dalam memberi keuntungan bagi kesehatan. Apa saja? Simak selengkapnya seperti yang dilansir dari Care2 berikut ini.
Sistem pernapasanGangguan pernapasan, seperti asma, bronkitis, sampai nyeri dada, bisa berkurang jika rajin bernapas dalam-dalam.
Sistem pencernaanBernapas dalam-dalam juga mampu mengirim sinyal ke bagian organ yang lain, termasuk sistem pencernaan, untuk bekerja dengan lebih baik.
Sistem getah beningDengan bernapas dalam-dalam, sirkulasi cairan getah bening menjadi lebih lancar, terutama jika Anda baru saja sembuh dari sakit.
Peredaran darahKeuntungan bernapas dalam-dalan bagi sirkulasi darah adalah meningkatkan asupan oksigen ke jantung, mata, dan otak sehingga tubuh senantiasa bugar.
Sistem imunJangan malas bernapas dalam-dalam demi membantu regenerasi jaringan dan sel-sel rusak. Sehingga sistem imun bisa menjadi lebih baik untuk menangkal berbagai penyakit.
Sistem sarafCemas ternyata bisa diatasi dengan bernapas dalam-dalam secara teratur. Sebab proses tersebut membantu sistem saraf lebih santai dan tenang.
Sistem gerakJika bernapas terasa mudah, maka tubuh pun akan bergerak dengan mudah. Bernapas dalam-dalam juga meredakan otot yang tegang, meningkatkan fleksibilitas, dan menguatkan sendi.
Sistem pengeluaranKelebihan cairan ternyata bisa dieliminasi dengan bernapas dalam-dalam. Sebab stres pada organ berkurang, tubuh pun bisa mengeluarkan racun dengan lancar.
Kesehatan mentalDengan bernapas dalam-dalam, konsentrasi meningkat, produktivitas terjaga, keputusan pun bisa dibuat dengan lebih bijaksana.
Kondisi fisikKeriput mampu hilang karena sirkulasi yang baik. Jadi bernapas dalam-dalam jelas membuat kulit lebih cantik meskipun sudah dimakan usia.
Kestabilan emosionalBernapas dalam-dalam membuat tubuh lebih rileks, stres berkurang, hormon endorfin bertambah, serta tidur menjadi lebih nyenyak. Semuanya mendukung kestabilan emosional sehari-hari.
Hubungan asmaraDampak positif yang lebih lebar dari kebiasaan bernapas dalam-dalam adalah meningkatkan kualitas hubungan asmara. Termasuk di dalamnya kepuasan dalam bercinta.
Kondisi spiritualPernapasan merupakan salah satu cara membuat meditasi berjalan lancar. Intuisi pun meningkat ketika tubuh rileks. Kondisi spiritual dan kreativitas otomatis ikut membaik saat bernapas dalam-dalam.
Itulah berbagai keuntungan yang bisa didapat jika membiasakan diri untuk bernapas dalam-dalam.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template