Comments

Thursday, May 23, 2013

Tips meningkatkan keterampilan berkomunikasi

Posted by at 5:36 AM Read our previous post
Tips meningkatkan keterampilan berkomunikasi

Keterampilan komunikasi yang efektif sangat penting dalam mendukung kemajuan karir dan juga kehidupan pribadi Anda. Keterampilan ini juga dapat menentukan seberapa baik Anda dapat menjalin relasi dengan orang lain atau mengembangkan suatu hubungan. Berikut adalah beberapa cara yang efektif untuk meningkatkan keterampilan berkomunikasi, seperti dilansir Livestrong.

Langkah 1

Salah satu cara untuk membangun kemampuan berkomunikasi yang baik dengan orang lain adalah dengan menjalin hubungan baik secepat mungkin dengan mereka. Tersenyumlah dan gunakan kontak mata sebagai sinyal positif yang dapat Anda kirimkan ketika Anda memulai percakapan. Pastikan bahwa orang lain merasa bahwa Anda sangat senang bisa berbicara dengannya. Sangat penting untuk tahu topik terhangat yang bisa Anda diskusikan dengan orang tersebut. Untuk itu, selalu perbarui informasi Anda. Jika Anda memiliki banyak topik yang Anda dapat bicarakan, komunikasi akan berjalan dengan lebih mudah.

Langkah 2

Bicaralah dengan jelas ketika Anda berkomunikasi dengan orang lain. Cobalah untuk menghindari kebiasaan berbicara dengan suara terlalu kecil atau parau sehingga orang lain sulit menangkap maksud Anda. Cara terbaik untuk melatihnya adalah dengan merekam suara Anda saat berbicara. Lalu dengarkan kembali hasil rekaman itu dan putuskan apa yang seharusnya Anda ubah dari cara Anda bicara.

Langkah 3

Anda dapat menjadi komunikator yang baik jika Anda dapat berbicara dengan santai. Jika Anda gugup, Anda akan berbicara cepat sehingga sulit dipahami. Anda juga dapat membuat orang lain merasa tidak nyaman karena kegugupan Anda. Hindari membungkukkan bahu, menampilkan wajah gelisah atau menggerakkan anggota tubuh Anda yang lain saat berbicara. Orang yang Anda ajak bicara akan tahu bahwa Anda sedang gugup.

Langkah 4

Anda tentu tidak ingin orang lain menjadi bosan saat berbicara dengan Anda. Anda dapat membuat mereka tertarik dengan menghindari berbicara dengan suara monoton. Anda dapat melakukan sedikit variasi dan mengubah volume saat Anda berkomunikasi.

Langkah 5

Ingatlah, komunikasi adalah proses dua arah. Anda perlu mendengar dan memahami apa yang dikatakan orang lain jika Anda ingin berkomunikasi secara efektif dengan mereka. Orang lain juga akan kehilangan minat berbicara dengan Anda, jika Anda terus-menerus bicara dan tidak pernah mendengarkan mereka.

Inilah cara terbaik untuk melatih kemampuan dalam berkomunikasi. Anda dapat melatihnya jika memang merasa kurang kompeten dalam hal ini. Tahukah Anda bahwa komunikasi tidak hanya penting dalam karir, tetapi juga hubungan percintaan.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template