Comments

Tuesday, May 28, 2013

Apa keunggulan orang ber-IQ tinggi?Selain cerdas

Posted by at 4:30 AM Read our previous post
Selain cerdas, apa keunggulan orang ber-IQ tinggi?


Orang yang memiliki nilai IQ tinggi tidak hanya lebih cerdas, tetapi juga dapat memproses informasi sensorik yang berbeda.

Para ilmuwan menemukan bahwa otak dari orang ber-IQ tinggi secara otomatis lebih selektif ketika mengamati objek yang bergerak, yang berarti bahwa mereka lebih mungkin menangkap pergerakan background yang kurang atau lebih relevan.

"Ini tidak berarti bahwa orang-orang dengan IQ tinggi hanya lebih baik pada persepsi visual," kata Duje Tadin dari University of Rochester kepada Daily Mail (27/5). "Sebaliknya, persepsi visual mereka lebih diskriminatif."

Penemuan ini dilakukan dengan cara meminta peserta menonton video yang memperlihatkan sebuah bar yang bergerak di layar komputer. Tugas mereka adalah untuk menyebutkan apakah bar bergerak ke kiri atau ke kanan.

Hasilnya menunjukkan bahwa individu dengan IQ tinggi dapat menangkap pergerakan benda-benda kecil lebih cepat daripada individu ber-IQ rendah.

Kejutan datang ketika tes dilakukan dengan menggunakan obyek yang lebih besar. Sebaliknya, individu ber-IQ tinggi lebih lambat dalam menentukan obyek yang lebih besar itu bergerak atau tidak.

"Itu tidak terduga," aku Tadin.

Temuan ini diterbitkan dalam Cell Press jurnal Current Biology.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template