Comments

Wednesday, December 4, 2013

13 Masalah kesehatan yang sering disembunyikan pria

Posted by at 5:34 AM Read our previous post
http://ariswildan.blogspot.com/search/label/pria

Dibanding wanita, pria lebih jarang memperhatikan kesehatan mereka. Tak hanya itu, pria seringkali juga meremehkan gejala-gejala penyakit yang mereka rasakan. Tak jarang juga pria menyembunyikan beberapa masalah kesehatan dan malu mengutarakannya pada pasangan atau dokter.

Hal ini tentunya tak baik bagi kesehatan pria sendiri. beberapa penyakit akan lebih mudah disembuhkan secepat mungkin ketika gejala muncul daripada dipendam dan disembunyikan. Berikut adalah beberapa masalah kesehatan yang kemungkinan dialami pria, namun mereka terlalu malu untuk mengungkapnya, seperti dilansir oleh Healthy Living.

1. Testosteron rendah

 Berdasarkan jurnal Endocrine Care, satu dari empat pria mengalami masalah testosteron yang rendah. Hal ini bisa membuat pria merasa cepat lelah, susah membentuk otot, dan memiliki kehidupan seks yang payah. Jika Anda memiliki beberapa gejala tersebut, jangan malu untuk memeriksakan diri ke dokter. Testosteron yang rendah bisa diketahui melalui tes darah. Selain itu, testosteron yang rendah juga bisa ditingkatkan secara mudah dengan tidur cukup dan teratur, mengonsumsi protein, melakukan latihan angkat beban, kompetisi, atau melakukan seks.

2. Disfungsi ereksi

 Penelitian mengungkap bahwa sembilan dari 10 pria tak yakin apakah mereka memiliki disfungsi ereksi atau tidak. Hal ini karena mereka tidak segera memeriksakan diri dan takut dengan hasilnya. Jika Anda kesulitan ereksi atau ereksi yang tak tahan lama, berarti kemungkinan Anda memiliki disfungsi ereksi. Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa kebiasaan buruk seperti merokok, kelebihan berat badan, gaya hidup yang terlalu pasif, dan stres. Namun jangan khawatir, ada cara mudah untuk mengatasinya, yaitu dengan rajin olahraga.

3. Kesulitan buang air kecil

 Kesulitan buang air kecil atau mengalami masalah saat buang air kecil bisa jadi bukan hal yang serius. Namun juga bisa menjadi salah satu tanda kanker prostat. Masalahnya, kanker prostat tak bisa begitu saja dideteksi dengan akurat, bahkan ketika menggunakan prostate-specific antigen (PSA). Penelitian mengungkap bahwa hanya satu dari empat pria yang memiliki PSA tinggi terkena kanker prostat. Namun ini bukan berarti pria bisa meremehkan masalah tersebut. Dokter tetap menyarankan agar pria memeriksakan diri daripada terlambat mengetahui munculnya kanker.

4. Darah dalam urine atau kotoran

Setelah buang air kecil atau buang air besar, apakah Anda sering melihat kotoran Anda sebelum menyiramnya? Sebenarnya ini adalah langkah yang baik untuk mengecek kesehatan usus dan lambung. Darah dalam kotoran bisa menjadi pertanda kanker usus, sementara darah dalam urine juga bisa berarti masalah pada ginjal. Pria seringkali tidak memperhatikan hal ini atau malu dan menyembunyikannya. Padahal jika hal ini terjadi, pria seharusnya langsung memeriksakan diri dan menemui dokter.

5. Napas berbau tak sedap

 Sering menyikat gigi namun bau napas masih tak sedap? Itu bisa jadi gejala infeksi gusi atau penyakit jantung. Berdasarkan penelitian terbaru, pria dengan peradangan gusi berkemungkinan terkena disfungsi ereksi. Untuk itu, napas yang bau memang memalukan, namun tidak untuk disembunyikan. Temui dokter dan cari solusi untuk napas yang berbau tak sedap tersebut. Bisa jadi itu hanya karena infeksi gusi, atau hal yang lebih buruk. Paling tidak, Anda akan mengetahui penyebabnya lebih cepat jika memeriksakan diri.

6. Rasa sakit pada testis

 Dalam testis terdapat arteri, pembuluh darah, dan saraf yang berkumpul di dalam skrotum. Ketika ada salah satu pembuluh darah yang terpelintir akibat kecelakaan atau benturan, apapun itu, dan Anda tak segera memeriksakannya, testis bisa mati dalam waktu empat jam. Untuk itu, jangan remehkan rasa sakit pada testis. Jangan juga menyembunyikan masalah ini. Segera temui dokter dan periksakan apa yang terjadi jika Anda merasakan sakit pada daerah pribadi Anda tersebut.

7. Skrotum yang membengkak

 Sekali dalam sebulan, coba periksa testis Anda dengan jempol dan jari-jari. Jika Anda menemukan benjolan atau testis terlihat membengkak, segera temui dokter. Selain itu, jika Anda merasa skrotum terasa berat dan merasa sedikit sakit pada daerah tersebut, segera periksakan diri ke dokter. Pria seringkali tak memperhatikan hal ini atau bahkan menyembunyikan masalah yang berkaitan dengan skrotum mereka.
Padahal sangat penting untuk mengecek kesehatan testis dan skrotum mereka sendiri.
Penelitian menunjukkan bahwa kanker yang terdeteksi lebih awal berkemungkinan sembuh hingga 98 persen. Jadi, jangan lagi malu mengungkapkan masalah ini, segera periksakan diri jika menemukan kejanggalan pada alat kelamin Anda.

8. Gatal di selangkangan

 Hal-hal yang berkaitan dengan selangkangan seringkali membuat pria malu untuk memeriksakan diri dan cenderung memilih untuk menyembunyikannya. Begitu juga dengan rasa gatal pada selangkangan mereka. Biasanya hal ini disebabkan oleh jamur yang berkembang di daerah yang lembap. Sebenarnya cara mengatasinya cukup mudah, yaitu sering ganti celana dalam dan menggunakan obat anti jamur. Jika rasa gatal tetap muncul setelah dua minggu, periksakan diri ke dokter.

9. Bau badan

 Memiliki bau badan yang berlebihan atau tak sedap memang bukan gejala penyakit berbahaya, namun tentunya hal ini memalukan. Jika pria mengalaminya, kebanyakan mereka akan menyembunyikan dengan memakai parfum, alih-alih segera memeriksakan diri mereka. Jika Anda memiliki masalah dengan bau badan, sering berkeringat berlebihan dan berbau, jangan disembunyikan. Segera temui ahli kulit untuk membantu masalah kesehatan Anda.

10. Ejakulasi yang menyakitkan

 Seks seharusnya terasa nikmat dan menyenangkan, tapi jika pria merasa sakit saat ereksi, itu adalah tanda kelainan dan penyakit. Jangan remehkan atau sembunyikan hal ini dari pasangan. Anda juga harus memeriksakannya pada dokter. Biasanya hal ini berkaitan dengan STD atau infeksi menular seksual.

11. Muncul varises pada skrotum

Ketika testis dan skrotum terlihat lebih berat dan lebih rendah, Anda kemungkinan memiliki varises. Pria terkadang tak memperhatikan hal ini atau menganggapnya remeh dan tak mempedulikannya. Meski hal ini sebenarnya memang tidak begitu berbahaya, namun juga diperkirakan bisa mengurangi kualitas semen dan sperma pada pria. Untuk itu, sebaiknya jangan sembunyikan masalah kesehatan yang satu ini. Segera periksakan diri ke dokter.

12. Sulit tidur

 Meski pria tak malu mengakui mereka sulit tidur, namun pria seringkali menyembunyikan penyebab mengapa mereka sulit tidur, salah satunya adalah depresi. Hal ini tak perlu disembunyikan, terutama ketika pria memeriksakan diri ke dokter terkait insomnia yang dialaminya. Dokter bisa membantu menyembuhkan stres, depresi, sekaligus membuat Anda bisa tidur lebih nyenyak.

13. Payudara tumbuh besar

 Payudara besar memang kegemaran pria, namun beda cerita jika payudara mereka sendiri yang membesar. Payudara pria juga bisa membesar jika terjadi ketimpangan hormon pada tubuh mereka. Banyak pria yang menyembunyikan masalah ini dari orang lain dan membiarkannya. Padahal masalah kesehatan ini bisa diatasi dengan obat-obatan atau operasi.

Itulah beberapa masalah kesehatan yang seringkali disembunyikan pria, baik dari pasangan maupun dari dokter. Pria memang dikenal lebih jarang mengunjungi dokter dan memperhatikan kesehatan mereka. Namun sebaiknya jika mengalami masalah-masalah tersebut, jangan disembunyikan. Memeriksakan diri dan mencari cara untuk mengobatinya lebih baik daripada meremehkan dan menyembunyikannya.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template