Comments

Wednesday, December 4, 2013

Sedang merencanakan kehamilan? Ikuti 10 langkah ini

Posted by at 5:37 AM Read our previous post
http://ariswildan.blogspot.com/search/label/love

Memutuskan untuk memiliki anak adalah salah satu tahapan terbesar dalam kehidupan manusia. Karena itu, langkah ini tak bisa diambil secara sembarangan.

Pasangan yang sudah tak sabar ingin memiliki momongan dan sedang merencanakan kehamilan perlu memperhatikan beberapa hal, terutama masalah kesehatan. Berikut adalah beberapa langkah yang sebaiknya Anda lakukan jika saat ini tengah mempersiapkan kehamilan, seperti dilansir oleh Boldsky.

1. Mengunjungi dokter

Penting untuk mengunjungi dokter jika Anda dan pasangan tengah merencanakan kehamilan. Anda perlu mengetahui keadaan rahim dan kesehatan Anda. Apakah kesehatan tubuh dan rahim Anda mendukung untuk memiliki anak atau ada hal yang harus dilakukan untuk membantu Anda lebih cepat mendapat momongan.

Dengan mengunjungi dokter, Anda juga bisa mengetahui sejarah penyakit yang pernah diderita dan efeknya terhadap kemungkinan untuk hamil. Suami dan istri perlu melakukan tes kesehatan untuk mengetahui apakah mereka cukup sehat untuk memiliki momongan dalam waktu dekat.

2. Tingkatkan konsumsi asam folat

Wanita yang merencanakan kehamilan harus memiliki tingkat asam folat yang baik dalam tubuhnya. Hal ini penting sebagai bekal kehamilan. Untuk itu, tak ada salahnya meningkatkan konsumsi asam folat saat merencanakan kehamilan agar Anda tak kekurangan nutrisi tersebut. Makanan yang banyak mengandung asam folat antara lain brokoli, seledri, wortel, asparagus, dan lainnya.

3. Hentikan kebiasaan buruk

Kehamilan dan memiliki anak akan mengubah gaya hidup wanita. Salah satunya adalah membuat mereka berhenti melakukan kebiasaan buruk seperti minum alkohol atau merokok. Agar cepat hamil, penting bagi calon ibu untuk berhenti melakukan kebiasaan yang buruk untuk kesehatan. Karena nantinya kebiasaan ini tak hanya mempengaruhi diri mereka, tetapi juga bayi dalam kandungan. Beberapa kebiasaan buruk juga diketahui bisa menghambat proses kehamilan.

4. Makan makanan sehat

Jika berencana untuk cepat hamil, mulai saat ini calon ibu harus membiasakan diri mengonsumsi makanan-makanan sehat dan bernutrisi. Ini untuk membiasakan tubuh mereka mengonsumsi makanan yang sehat serta menyiapkan tubuh yang sehat sebelum kehamilan.

5. Cek berat badan

Mengecek berat badan adalah salah satu langkah ideal untuk dilakukan sebelum merencanakan kehamilan. Sangat penting untuk mengetahui berat badan sebelum hamil karena informasi tersebut nantinya akan diperlukan ketika ibu mengandung.

6. Makan ikan

 Eits, hanya karena ikan mengandung asam lemak yang baik untuk kesehatan, bukan berarti calon ibu bisa makan sembarang ikan seenaknya. Para ahli menjelaskan bahwa beberapa ikan yang baik dikonsumsi sebelum hamil adalah ikan salmon.

7. Olahraga

 Jika sebelumnya calon ibu malas berolahraga, sebaiknya mulai biasakan berolahraga untuk kesehatan tubuh. Melakukan olahraga akan membuat tubuh lebih bugar dan sehat. Tubuh yang sehat tentunya dibutuhkan oleh calon ibu agar cepat hamil dan saat mengandung nantinya.

8. Periksa kesehatan gigi

Para ahli mengungkap bahwa ketika hamil wanita lebih mudah mengalami masalah pada mulut dan gigi. Hal ini diperkirakan akibat perubahan hormon yang membuat wanita lebih mudah terkena penyakit gusi. Untuk itu, sangat baik bagi calon ibu untuk memeriksakan gigi mereka sebelum hamil. Dengan begitu, mereka lebih cepat mengetahui jika ada masalah gigi dan lebih cepat mengobatinya.

9. Hindari infeksi

 Ketika merencanakan kehamilan, sebaiknya perhatikan kesehatan dan perawatan diri sendiri, terutama daerah pribadi. Infeksi kandung kemih adalah salah satu hal yang harus diwaspadai oleh wanita sebelum mereka merencanakan kehamilan.

10. Ketahui masa subur

 Mengetahui masa subur akan sangat membantu bagi wanita untuk cepat hamil. Selain itu, pastikan juga Anda tak sedang memakai alat kontrasepsi atau minum pil KB. Jika sebelumnya Anda tengah menggunakan alat kontrasepsi, bicarakan hal ini dengan dokter Anda.

Itulah beberapa langkah yang sebaiknya dilakukan oleh pasangan, terutama wanita, jika sedang berusaha merencanakan kehamilan. Sangat penting untuk memastikan tubuh dalam keadaan sehat dan prima sebelum hamil, sehingga ibu bisa terhindar dari penyakit atau komplikasi dan memenuhi nutrisi diri serta janin selama kehamilan.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template