Comments

Wednesday, July 31, 2013

Hindari 6 makanan ini saat menstruasi

Posted by at 6:46 AM Read our previous post


Wanita sering mengalami perubahan suasana hati dan kenaikan tingkat nafsu makan saat menstruasi atau PMS. Dan selama periode mentruasi berlangsung, tingkat stres juga akan naik karena adanya perubahan suasana hati. Tingkat stres selama siklus menstruasi dapat dikurangi, jika Anda mau mengonsumsi jenis makanan yang tepat.

Namun, kebanyakan wanita mengalami gejala-gejala seperti lesu dan kurang bergairah selama menstruasi karena mereka kekurangan nutrisi yang tepat. Diet sehat sangat bermanfaat dalam mengurangi gejala ini dan meminimalkan efeknya. Nah, berikut adalah beberapa makanan yang harus Anda hindari saat menstruasi, seperti dilansir Boldsky.

1. Kafein

Kafein adalah salah satu makanan utama yang harus Anda hindari saat menstruasi. Hal ini dikarenakan kafein akan mempersempit pembuluh darah Anda dan menyebabkan tubuh mengalami dehidrasi. Penyempitan pembuluh darah menyebabkan sakit kepala dan rasa gugup.

2. Makanan tinggi gula

Wanita juga dianjurkan untuk menghindari mengonsumsi terlalu banyak makanan tinggi gula seperti permen, soda atau safron selama periode menstruasi. Hal ini dikarenakan makan makanan tinggi gula akan menyebabkan lonjakan gula darah. Ketika kadar gula darah Anda tiba-tiba jatuh, itu akan membuat Anda merasa kesal, rewel dan lesu.

3. Makanan yang dipanggang

Menghindari makanan yang dipanggang adalah cara terbaik untuk mengurangi kram dan nyeri menstruasi. Hal ini terjadi karena makanan yang dipanggang mengandung banyak lemak trans. Lemak trans akan mendorong peningkatan tingkat estrogen, yang akan menyebabkan nyeri di dalam rahim. Hal ini akan mengakibatkan eskalasi kram menstruasi.

4. Makanan olahan

Semua jenis makanan kaleng atau olahan harus dihindari selama periode menstruasi. Makanan kaleng atau olahan mengandung banyak natrium. Dan, natrium harus dihindari selama masa menstruasi karena menyebabkan retensi air dan membuat tubuh membengkak. Jadi, disarankan untuk menghindari makanan olahan seperti olahan daging atau keju dan MSG. Juga, hindari makanan kaleng yang mengandung 200 mg sodium per porsi atau lebih.

5. Biji-bijian olahan

Ketika biji-bijian asli mengalami pengolahan, mereka kehilangan hampir semua kandungan nutrisi mereka. Karena itu, biji-bijian olahan dapat mempengaruhi kadar gula darah. Makanan seperti pasta harus dihindari jika Anda ingin mengurangi gejala kram saat menstruasi.

6. Makanan yang digoreng

Makanan yang digoreng mengandung banyak lemak dan minyak yang dapat meningkatkan kadar estrogen. Makanan yang digoreng seperti kentang goreng dan ayam goreng harus dihindari untuk menjaga tingkat estrogen tetap stabil. Cara ini dapat mengurangi kram dan nyeri saat menstruasi.

Inilah enam makanan yang harus Anda hindari saat menstruasi. Ingat, saat mentruasi, wanita akan mengalami gejolak hormonal yang dapat mempengaruhi sistem tubuh secara keseluruhan. Maka, sebaiknya pilihlah makanan yang sehat dan segar untuk tubuh Anda.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template