Comments

Thursday, July 25, 2013

7 Hal yang merusak kesehatan mata

Posted by at 6:43 AM Read our previous post



Gaya hidup, budaya kerja, kebiasaan makan, lingkungan yang tercemar dan sikap kita terhadap kesehatan diri sendiri adalah faktor yang dapat mempengaruhi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Pola hidup yang kita ikuti saat ini menempatkan terlalu banyak tekanan pada tubuh yang pada gilirannya membuat kita berisiko terkena berbagai penyakit. Dan mata menjadi salah satu bagian dari tubuh yang sering terkena dampak dari gaya hidup tidak sehat yang kita jalani saat ini. Berikut adalah beberapa hal yang dapat merusak kesehatan mata kita, seperti dilansir Boldsky.

1. Merokok

Merokok memiliki efek buruk pada kesehatan tubuh secara keseluruhan. Kebiasaan buruk ini juga dapat merusak kesehatan mata. Ada banyak bahan kimia di dalam rokok yang dapat merusak bagian sensitif pada retina, yang disebut makula.

2. Mata lelah

Terkadang, tanpa sadar kita menempatkan terlalu banyak tekanan pada mata kita. Kita sering bekerja di depan komputer, menonton TV, bermain video game, membaca atau terus belajar selama berjam-jam. Ini menyebabkan kelelahan pada mata yang dapat memicu kerusakan mata.

3. Sinar UV

Anda selalu disarankan untuk memakai kacamata hitam setiap kali Anda pergi keluar. Anda tahu kenapa? Sebab sinar ultraviolet yang berasal dari matahari dapat membahayakan kesehatan mata. Sinar ini dapat membakar kornea dan menyebabkan kerusakan lensa mata dan retina. Selain itu, sinar UV juga meningkatkan risiko katarak.

4. Tekanan darah tinggi

Tekanan darah tinggi bisa sangat berbahaya bagi mata jika tidak diobati. Ini merusak pembuluh darah di retina, daerah di belakang mata. Penyakit ini dikenal sebagai retinopati hipertensi.

5. Diabetes

Jika Anda telah didiagnosis menderita diabetes, Anda lebih mungkin mengembangkan beberapa penyakit mata seperti glaukoma, retinopati diabetes, di mana retina dapat mengalami kerusakan parah.

6. Alkohol

Asupan alkohol yang berlebihan dapat berbahaya bagi tubuh, termasuk mata. Alkohol dapat menyebabkan masalah pada penglihatan Anda dan kesehatan mata secara keseluruhan. Anda mungkin akan mengalami penurunan kinerja visual, reaksi pipil yang lambat, sering migrain, mata kemerahan dan penurunan sensitivitas kontras.

7. Makanan tidak sehat

Jika Anda mengikuti pola makan yang tidak sehat dan tubuh tidak mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan untuk kesehatan mata, Anda akan lebih rentan terhadap banyak penyakit mata. Kekurangan Vitamin A menyebabkan kebutaan atau kesulitan melihat pada malam hari dan mata teras kering. Demikian pula, rendahnya asupan vitamin B-12 dapat menyebabkan penglihatan kabur atau penglihatan ganda.

Inilah tujuh hal yang dapat merusak kesehatan mata Anda. Ingat, lebih baik mencegah daripada mengobati!

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template