Comments

Wednesday, July 31, 2013

Efek Buruk Penggunaan Ponsel Mengintai Mata

Posted by at 7:24 AM Read our previous post


Bahaya Ponsel Mengintai Mata
 
 
  Lebih dari sepertiga pengguna ponsel adalah pengguna ponsel pintar. Rata-rata pengguna ponsel pintar melihat layar ponsel sebanyak 150 kali dalam sehari. Hal ini memberikan efek buruk bagi kesehatan, salah satunya kesehatan mata.

“Menatap ponsel terlalu lama dapat menyebabkan mata kering, sehingga bisa memicu peradangan dan infeksi,” tulis Daily Mail, Senin, 22 Juli 2013. Yang lebih mengkhawatirkan lagi, ponsel dapat mempengaruhi penglihatan anak-anak dalam jangka waktu panjang.

Allon Barsam, konsultan ahli bedah mata di Luton & Dunstable University Hospital, Bedfordshire, Inggris, mengatakan anak-anak yang terlalu sering menatap layar ponsel sepanjang hari berisiko mengalami rabun di saat dewasa nanti. Senada dengan pernyataan Barsam, sebuah penelitian juga mengungkapkan, penggunaan ponsel pintar akan mempercepat penggunaan kacamata.

“Presbiopia atau ketidakmampuan untuk fokus pada objek dekat biasanya berkembang di akhir usia 40-an. Oleh sebab itu, di usia ini, seseorang akan membutuhkan kacamata,” kata Barsam.

Untuk menghindari masalah ini, Barsam menganjurkan untuk menjauhkan jarak ponsel dari mata saat digunakan. Selain itu, ada baiknya untuk memperbesar ukuran teks pada ponsel. Sementara untuk menghindari silau, Barsam menyarankan untuk tidak menggunakan ponsel di tempat yang kurang cahaya dan tidak menggunakan ponsel lebih dari 15 menit.

Dr Aric Sigman, seorang psikolog, juga menyarankan untuk tidak membiarkan anak-anak berusia 3-7 tahun untuk bermain game di layar kecil ini lebih dari setengah jam tiap harinya.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template