Comments

Sunday, July 28, 2013

7 Minuman sehat pengganti soda

Posted by at 7:41 AM Read our previous post



Sudah banyak penelitian yang menyebutkan efek buruk dari soda. Namun tak sedikit orang yang masih suka minum minuman tak sehat tersebut. Apakah Anda juga begitu?
Jika iya, cobalah untuk mengonsumsi minuman sehat pengganti soda. Apa saja? Simak selengkapnya seperti yang dilansir dari Huffington Post berikut ini.

1. Air buah atau air sayur

Potong buah atau sayuran favorit Anda, kemudian rendam ke dalam air putih selama kurang lebih tiga jam. Misalnya adalah mentimun, blueberry, strawberry, atau lainnya. Anda juga bisa menambahkan herba seperti peppermint atau rosemary untuk memperkaya rasa.
Selain murah dan mudah dibuat, minuman tersebut jauh lebih menyehatkan daripada soda bukan?

2. Es teh

Ada banyak varian teh yang mengandung banyak khasiat kesehatan bagi tubuh. Contohnya teh hijau, teh hitam, atau teh putih. Jadi tidak ada salahnya menikmati es teh sebagai minuman sehat pengganti soda.
Jika tidak begitu suka dengan minuman dingin, teh tetap lezat dan sehat jika dinikmati dalam bentuk hangat.


3. Jus segar

Minuman sehat berikutnya yang bisa menggantikan soda adalah jus buah atau sayur segar. Selain menyehatkan, minuman yang satu ini juga mengenyangkan. Anda bahkan bisa mengontrol kalori dan gula dengan memilih buah dan sayur sendiri.
Jika ingin merasakan minuman yang lebih mengenyangkan daripada jus, coba buat smoothie. Tinggal tambahkan susu atau yogurt ke dalam beberapa buah dan sayur segar kemudian menghaluskannya dengan blender.


4. Air dan jus

Selain soda, minuman rasa buah atau jus dalam botol yang dijual di supermarket sering menjadi sasaran konsumsi banyak orang. Padahal jus tersebut hampir sama tak sehatnya dengan soda karena mengandung kalori tinggi, pemanis buatan, dan senyawa kimia lainnya.
Jika ingin menikmati minuman sehat yang tidak begitu berat seperti jus, coba tambahkan sedikit saja jus buah atau sayur ke dalam air putih. Rasanya akan berbeda dan membuat Anda lebih sehat tentunya.


5. Kombucha

Kombucha adalah teh yang difermentasi. Minuman ini berasal dari negara-negara di Asia Timur yang mulai populer karena terbukti memiliki banyak khasiat kesehatan bagi tubuh.
Selain lezat, kombucha jauh lebih sehat daripada soda. Sebab kombucha merupakan minuman rendah kalori, rendah gula rendah kafein, dan mampu mencegah dehidrasi.


6. Es kopi

Berbagai penelitian sudah membuktikan bahwa kopi mengandung banyak manfaat bagi kesehatan. Misalnya menangkal kanker, menurunkan diabetes tipe 2, sampai melindungi otak dari penurunan fungsi kognitif.
Jadi kenapa tidak menikmati es kopi sebagai minuman sehat yang bisa menggantikan soda?


7. Air soda dan buah

Air soda atau air berkarbonasi tanpa rasa adalah alternatif yang lebih sehat daripada soda yang berwarna cokelat. Air soda dengan warna putih ini pun lebih lezat dan sehat jika dinikmati dengan menambahkan buah-buahan di dalamnya.
Pilihan buah yang bisa dicampur dengan air soda adalah lemon, raspberry, cherry, dan buah segar lainnya.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template