Comments

Thursday, July 25, 2013

7 kota tertinggi di dunia

Posted by at 7:40 AM Read our previous post


Manusia selalu belajar untuk bisa bertahan hidup dalam kondisi seekstrem apapun, mulai dari tinggal di daerah sangat terik di Sahara hingga ke daerah dingin seperti Siberia. Bahkan di lingkungan tidak ramah sekalipun, seperti pegunungan tinggi di mana tingkat oksigen cukup rendah, manusia berhasil hidup selama ribuan tahun di sana. Bahkan sekitar 140 juta orang hidup secara permanen di ketinggian di atas 2.500 meter atau 8.200 kaki, di pegunungan Himalaya di Asia, Andes di Amerika Selatan dan di dataran tinggi Ethiopia, Afrika. Berikut ini kami sajikan 7 kota tertinggi di dunia, seperti dilansir Amusing Planet.


1. Potosi di Bolivia

 

Potosi terletak di ketinggian 4.090 meter di atas permukaan laut. Didirikan pada tahun 1545 sebagai kota pertambangan, Potosi menjadi salah satu kota terbesar di Amerika dan dunia, dengan populasi melebihi 240.000 orang. Potosi terletak di kaki gunung Cerro de Potosi - gunung yang memiliki tinggi 4.824 meter. Selama 1556-1783, 45.000 ton perak murni yang ditambang dari Cerro Rico di Potosi dikirim ke Spanyol.


2. Shigatse di Tibet

 

Shigatse adalah kota terbesar kedua di Wilayah Otonomi Tibet dari Republik Rakyat China. Dengan populasi 100.000 orang, Shigatse adalah salah satu dari kota besar di Tibet. Kota ini terletak pada ketinggian 3.840 meter di pertemuan Sungai Yarlung Tsangpo (Brahmaputra) dan Sungai Nyang (Nyang Chu atau Nyanchue) di barat Tibet. Shigatse terletak pada medan datar yang dikelilingi oleh pegunungan tinggi, dan daerah perkotaan yang terletak tepat di sebelah selatan Sungai Yarlung Zangbo. Kota ini adalah ibukota kuno dari provinsi U-Tsang, dan saat ini merupakan pusat administrasi Prefektur Shigatse, distrik administratif Wilayah Otonomi Tibet.


3. Juliaca di Peru

 

Juliaca adalah ibukota San Romawi di Region Puno, di tenggara Peru. Ini adalah sebuah kota besar dengan populasi 225.146 jiwa (pada 2007) dan terletak di ketinggian 3.825 meter di atas permukaan laut, di Dataran Tinggi Collao. Juliaca adalah pusat perdagangan terbesar di wilayah Puno. Ini juga merupakan titik transit utama di wilayah ini dan memiliki ikatan yang kuat dengan kota-kota di selatan Peru, termasuk, Puno, Tacna, Cuzco, Ilo, dan dengan Republik Bolivia.


4. Oruro di Bolivia

 

Didirikan pada 1 November 1606 sebagai pusat pertambangan perak di wilayah Urus, Oruro sekarang menjadi kota besar di Bolivia dengan populasi 235.393 (sensus 2010), yang terletak di ketinggian 3.706 meter di atas permukaan laut. Setelah tambang perak habis, Oruro dibangun kembali pada akhir abad kesembilan belas sebagai pusat penambangan timah. Selama beberapa saat, tambang timah Salvadora Oruro adalah sumber paling penting dari timah di dunia.

5. Lhasa di Tibet

 

Terletak di bagian bawah cekungan kecil yang dikelilingi oleh Pegunungan Himalaya, Lhasa memiliki ketinggian sekitar 3.600 meter di atas permukaan laut. Sungai Kyi (atau Kyi Chu), anak sungai dari Sungai Yarlung Zangbo, mengalir melalui bagian selatan kota ini. Lhasa adalah kota terpadat kedua di Dataran Tinggi Tibet yang memiliki populasi lebih dari 550.000 jiwa. Kota ini berisi banyak situs Buddha Tibet seperti Istana Potala, kuil Jokhang dan istana Norbulingka, yang banyak terletak di Distrik Chengguan.

6. La Rinconada di Peru

 

La Rinconada di Peru adalah sebuah kamp pertambangan emas tua yang terpencil di Andes, yang telah tumbuh dengan status kota besar. Lebih dari 50.000 orang tinggal di kota pegunungan ini pada ketinggian 5.100 meter di atas permukaan laut. Meskipun memiliki ekonomi yang hampir seluruhnya disokong oleh hasil dari pertambangan emas di dekatnya, infrastruktur Kota La Rinconada tetap miskin. Kota ini tidak memiliki pipa dan tidak ada sistem sanitasi, dan kerap terjadi kontaminasi merkuri akibat praktek pertambangan di dekatnya.


7. El Alto di Bolivia

 

Kota El Alto adalah salah satu pusat perkotaan terbesar dengan pertumbuhan tercepat di Bolivia. Dengan populasi lebih dari 1,1 juta jiwa pada ketinggian 4150 meter di atas permukaan laut, El Alto juga merupakan salah satu kota tertinggi di dunia.

Inilah tujuh kota tertinggi di dunia yang berada ribuan meter di atas permukaan laut. Bayangkan, betapa indahnya jika kita bisa melihat pemandangan alam dari kota-kota di atas.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template