Comments

Wednesday, July 31, 2013

Makanan Cepat saji Bikin Ketagihan Seperti Narkoba

Posted by at 7:54 AM Read our previous post


Junk Food (ilustrasi)
 
Makanan cepat saji atau yang sering disebut junk food bisa membuat ketagihan dan merangsang keinginan seperti narkoba. Hal itu didapat dari hasil pemindaian otak.

Hasil penelitian menunjukkan membatasi karbohidrat glikemik tinggi dapat menyebabkan gula darah stabil dan membantu mengekang makan yang berlebihan dan obesitas. Para ilmuwan meneliti bagaimana asupan makanan diatur oleh pusat kesenangan di otak yang dihubungkan dengan kecanduan.

Pencitraan resonansi fungsional magentik (fMRI) digunakan untuk mengamati aktivitas otak relawan yang kelebihan berat badan selama empat jam setelah makan. Periode penting ini menunjukkan pengaruh perilaku ketika makanan dimakan. Sebanyak 12 orang diberi tes dengan susu kocok dengan rasa yang sama.

"Temuan menunjukkan bahwa membatasi karbohidrat dengan indeks glikemik tinggi seperti roti putih dan kentang dapat membantu penderita obesitas mengurangi ketagihan dan mengendalikan dorongan untuk makan berlebih," ujar Kepala Peneliti David Ludwig dari Yayasan Pusat Pencegahan Obesitas di Boston, AS.  Penelitian tersebut dilaporkan dalam Jurnal Nutrisi Klinik Amerika.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template