Comments

Wednesday, July 31, 2013

Waspadai penyebab alergi di halaman rumah

Posted by at 6:53 AM Read our previous post



Jika tak berhati-hati, halaman belakang rumah Anda bisa menjadi neraka yang menyebabkan alergi kumat. Peneliti mengungkap bahwa ada banyak hal yang berpotensi menjadi pemicu alergi dan asma di halaman belakang rumah, terutama jika rumah Anda memiliki kebun dan bunga di bagian belakangnya.
Berikut adalah beberapa hal yang bisa menjadi pemicu alergi di halaman belakang rumah, seperti dilansir oleh US News (27/07).

1. Gigitan serangga

Gigitan serangga bisa memicu reaksi alergi yang mematikan bagi orang yang memiliki alergi serangga. Jika Anda memiliki alergi serangga, sebaiknya Anda selalu membawa obat epinephrine. Untuk menghindari gigitan serangga selalu gunakan sepatu di halaman belakang, bungkus makanan yang dibawa ke halaman belakang dan jangan sembarangan minum dari tempat terbuka. Hindari memakai parfum yang berbau wangi dan jangan memakai pakaian cerah. Ini bisa menarik serangga ke arah Anda.

2. Lumut dan jamur

Serbuk sari yang dihasilkan oleh pohon atau bunga bukan satu-satunya pemicu alergi. Jamur dan lumut yang tumbuh di halaman belakang juga bisa menyebabkan alergi. Begitu juga dengan tumpukan rumput dan biji-bijian yang membusuk. Jika Anda memiliki alergi terhadap tumbuhan dan serbuk sari, sebaiknya hindari jamur dan lumut yang tumbuh di halaman belakang.

3. Makanan

Jika Anda memiliki alergi makanan, sebaiknya berhati-hati sebelum melakukan pesta barbeque di halaman. Beberapa saus dan dressing untuk salad bisa jadi mengandung alergen yang bisa memicu alergi. Sebaiknya gunakan bumbu yang sudah terbukti aman untuk Anda. Jika melakukan pesta di rumah teman, sebaiknya bawa saus atau hidangan Anda sendiri.

4. Asap

Ketika pesta barbeque atau membakar sampah di halaman belakang, berhati-hatilah dengan asap dan apinya. Asap dan api bisa memicu serangan asma. Sebaiknya hindari terlalu dekat dengan sumber api atau hindari duduk sejajar dengan arah angin, karena akan terkena asap dari pembakaran.

5. Tabir surya

Beberapa orang memiliki alergi terhadap tabir surya. Jika Anda melihat ruam-ruam atau gatal pada kulit setelah memakai tabir surya, sebaiknya hentikan pemakaian. Kemungkinan Anda memiliki alergi terhadap bahan kimia dalam produk tersebut. Pilih tabir surya yang tak mengandung bahan kimia benzofenon, octocrylene, dan PABA yang bisa mengiritasi kulit. selain itu, coba terlebih dahulu tabir surya sebelum memakainya secara teratur.

Itulah beberapa hal yang sebaiknya Anda perhatikan ketika pergi ke halaman belakang rumah. Mengabaikan beberapa pemicu alergi dan asma di atas bisa berakibat fatal bagi kesehatan Anda sendiri.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template