Comments

Thursday, July 18, 2013

Mengerikannya Suasana Di Planet Ini, seperti Neraka

Posted by at 7:19 AM Read our previous post

Planet Ini seperti Neraka
 
Selain Bumi, ada banyak planet di luar angkasa sana. Salah satunya Planet HD 189733b. Planet ini seperti neraka. Jaraknya dari Bumi sejauh 63 tahun cahaya. Astronom Prancis berhasil menemukannya pada 2005 dengan bantuan teleskop luar angkasa Hubble.

Planet ini warnanya biru seperti Bumi. Tapi bukan karena ditutupi air, melainkan atmosfernya mengandung silikat. Satu partikel jenis bahan kaca. Partikel ini mengembun di awan. Jika awan ini turun jadi hujan, yang ada hujan kaca.

Besar planet ini melebihi besar Planet Jupiter. Jaraknya dengan bintang utama (matahari) juga dekat, sekitar 3,6 juta kilometer.

Karena terlalu dekat jaraknya, maka dalam setahun hanya berlangsung 2,2 hari. Selain itu, posisi planet ini terkunci oleh bintang utama. Akibatnya, tak bisa berotasi. Alhasil, hanya satu sisi bagian planet yang diterangi. Suhu bagian terang dan bagian gelap juga beda drastis. Di sisi terang, suhunya mencapai 2.000. Sedangkan di sisi gelap, suhunya 500 derajat lebih rendah.

Akibat perbedaan suhu yang tinggi ini, maka angin berembus sangat cepat. Kecepatannya mencapai 7.200 km per jam. Sebagai perbandingan, badai di Bumi dengan skala lima kecepatannya "hanya" 260 km per jam. 

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template