Comments

Wednesday, July 3, 2013

Tips merawat kucing hamil

Posted by at 5:18 AM Read our previous post


Ada banyak hal yang harus dipersiapkan untuk merawat kucing hamil sampai proses kelahiran anak-anaknya. Apa saja? Simak selengkapnya seperti yang dilansir dari She Knows berikut ini.

Masa berahi

Kucing betina mengalami masa berahi sekitar empat sampai enam hari setiap tiga minggu sekali. Biasanya, kucing yang berahi lebih berisik dan manja. Kucing betina bisa berahi di usia lima bulan, meskipun rata-rata kucing lainnya minta kawin di usia 10 bulan.

Pencegahan

Jika tidak ingin kucing hamil di usianya yang masih muda, sebaiknya jauhkan kucing betina dan kucing jantan. Namun jika tidak ingin kucing hamil sama sekali, kucing bisa disterilkan. Pencegahan kehamilan pada kucing secara tidak langsung juga bisa menurunkan risiko kanker ovarium. Kucing betina yang disterilkan paling aman dilakukan di usia delapan minggu dan paling lambat enam bulan.

Ciri-ciri kucing hamil

Butuh waktu tiga minggu untuk mengetahui kucing positif hamil atau tidak setelah dikawin. Namun ciri-ciri utamanya adalah puting kucing menjadi lebih merah muda. Kucing hamil juga lebih tenang dan lembut, serta tidak tertarik pada kucing jantan. Kucing hamil tidur lebih lama dan mungkin mual-mual juga seperti manusia. Sekitar perut akan membesar dan konfirmasi pada dokter hewan bisa dilakukan. Masa hamil kucing berkisar selama sembilan minggu.

Usia ideal

Agar kucing lebih siap menjadi 'ibu', sebaiknya jangan biarkan peliharaan kesayangan hamil di bawah usia satu tahun. Jadi meskipun kucing sudah berahi dan bisa hamil di usia enam atau tujuh bulan, namun insting untuk merawat anak belum begitu matang.

Menyiapkan kelahiran

Dua minggu sebelum kucing melahirkan, buat sarang ternyaman bagi peliharaan kesayangan (misalnya kandang dengan tumpukan koran bekas). Taruh kandang di lokasi yang sepi agar kucing tidak stres. Jika masih ragu, kucing mungkin bisa dititipkan ke dokter hewan demi masa persalinan yang lancar.

'Ayah' kucing

Kucing betina suka kawin dengan banyak jantan. Jadi ada kemungkinan bahwa anak-anak kucing yang dilahirkan berasal dari 'ayah' yang berbeda-beda.
Setelah anak kucing lahir, jangan lupa untuk merawatnya dengan baik. Misalnya memberi obat cacing dan disuntik vaksin agar kucing bisa tetap sehat dan lincah.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template