Comments

Thursday, June 20, 2013

7 Bahan ini ampuh obati gigitan serangga!

Posted by at 5:41 AM Read our previous post


Banyak orang yang menyepelekan gigitan serangga seperti semut, nyamuk atau lebah. Mereka memilih untuk membiarkan, menggaruk dan tidak mengobatinya. Padahal jika tidak segera diatasi bisa saja racun serangga menyebar ke seluruh tubuh dan membahayakan.

Daripada menggaruknya yang bisa membuat kulit lecet, sebaiknya Anda mengolesi obat agar rasa gatal dan iritasi. Berikut bahan alami yang dapat dipakai untuk mengatasi gigitan serangga dilansir care2.



1. Minyak atsiri

 

Minyak atsiri atau esensial adalah salah satu bahan terbaik mengatasi gigitan serangga. Ada banyak jenis minyak atsiri yang bisa digunakan, seperti lavender, tea Tree, peppermint, minyak kayu putih, Basil dan minyak Thyme. Hanya menerapkan 1-2 tetes minyak tersebut ke area yang digigit serangga. lakukan selama tiga kali sehari. Rasa sakit atau gatal akibat serangga akan hilang.
 

2. Es batu

Kadang-kadang, obat-obat sederhana dapat menjadi paling efektif mengatasi gigitan serangga. Es batu yang diterapkan pada gigitan serangga akan mematikan rasa sakit dan mengurangi peradangan. Es merupakan solusi mudah dan cepat. Anda bisa menggabungkan dengan salah satu perawatan lain di artikel ini.

3. Cuka

Beberapa tetes cuka ternyata ampuh untuk mengurangi rasa gatal dan memar akibat gigitan serangga. Akan lebih baik jika cuka yang digunakan adalah cuka apel, karena memiliki keasaman yang lebih rendah dan pH yang sama dengan rasa gatal itu. Anda bisa mencampurkan cuka dalam air hangat untuk mandi.


4. Baking soda

Baking soda adalah obat klasik lainnya untuk mengobati berbagai gigitan serangga. Hanya mencampur baking soda dan air sampai mengental menjadi pasta lalu oleskan pada bagian yang digigit serangga. Diamkan pasta selama 30 menit sampai satu jam, kemudian mencucinya dengan air hangat.


5. Pasta gigi

Pasta gigi adalah obat yang populer untuk jerawat, tapi juga bagus untuk gigitan serangga. Sedikit pasta gigi yang diterapkan pada sengatan akan segera membantu mengurangi iritasi. Mint dan rasa peppermint biasanya paling efektif untuk memerangi gigitan serangga.

6. Obat kumur

Siapa sangka obat kumur yang fungsinya menyegarkan mulut dapat mengatasi gigitan serangga? Hanya dengan merendam kapas dalam obat kumur dan mengoleskan pada gigitan, rasa gatal dan nyeri akan segera reda. Obat kumur biasanya mengandung antiseptik. Jadi dapat membantu mencegah infeksi bekas gigitan.


7. Lumpur

Ini mungkin menjadi pilihan yang paling tidak menarik, tapi lumpur adalah obat kuno untuk gigitan serangga. Jika Anda terjebak di luar ruangan tanpa akses menemukan obat lain, oleskan lumpur di bagian yang tergigit serangga. Diamkan sampai lumpur itu mengering. Ia akan mengurangi iritasi dan pembengkakan.

Segera obati jika Anda digigit serangga. Penanganan yang tepat membuat Anda tetap sehat.


No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template