Comments

Thursday, June 20, 2013

6 Makanan yang buruk untuk kesehatan rambut

Posted by at 5:57 AM Read our previous post
Berbagai cara dan perawatan telah dilakukan, namun tampaknya rambut Anda tetap terlihat kusut dan tak sehat? Bisa jadi masalahnya bukan pada perawatan rambut yang Anda lakukan, melainkan pada makanan yang Anda konsumsi.

Makanan tak hanya berpengaruh terhadap kesehatan tubuh, tapi juga untuk kesehatan dan kecantikan rambut. Berikut ini adalah beberapa makanan yang tak baik untuk tubuh serta bisa merusak kesehatan rambut, seperti dilansir oleh Black hair 101 (16/06).


1. Gula

 

Berdasarkan buku yang ditulis oleh Nancy Appleton, gula bisa memiliki efek seperti obat-obatan. Appleton memberikan 146 alasan agar seseorang tak terlalu banyak mengonsumsi gula. Beberapa alasan yang berkaitan dengan rambut antara lain adalah:
- Gula bisa menyebabkan rambut lebih cepat beruban karena efek penuaan yang dimilikinya.
- Gula bisa menurunkan kadar vitamin E pada darah. Padahal vitamin E sangat penting untuk kesehatan dan pertumbuhan rambut.
- Gula bisa menghalangi penyerapan protein. Protein sangat dibutuhkan untuk perkembangan dan kesehatan struktur gigi, tulang, dan rambut.
- Ketika dicerna, gula membutuhkan banyak vitamin B. Hal ini menyebabkan tubuh kekurangan vitamin B dan bisa mempengaruhi kesehatan rambut juga.


2. Garam

 

Berdasarkan Mayo Clinic, seseorang harus membatasi asupan garam yang dikonsumsinya hingga 2.300 miligram dalam sehari. Jika Anda berusia 51 tahun ke bawah, Anda harus membatasi garam hingga 1.500 miligram dalam sehari. Terlalu banyak mengonsumsi garam bisa menyebabkan rambut mudah rontok atau patah. Namun garam juga dibutuhkan tubuh untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Untuk itu, pastikan tetap menjaga asupan garam tetap seimbang. Tak terlalu sedikit dan tak terlalu banyak.



3. Makanan dengan protein hewani tinggi

 

Kelebihan protein hewani bisa meningkatkan kadar asam urat pada darah dan membuat tubuh harus bekerja ekstra untuk mencernanya. Asam urat ini tak hanya buruk untuk kesehatan, tetapi juga bisa memicu rambut untuk cepat rontok.
 


4. MSG (Monosodium Glutamate)

 

Pendapat para ahli terpecah mengenai MSG ini. FDA Amerika Serikat menyatakan bahwa MSG aman dikonsumsi, sementara ilmuwan independen menyatakan bahwa MSG tak aman. Sayangnya, MSG sering ditemukan di banyak produk makanan, termasuk makanan sehat sekalipun. MSG diketahui bisa menyebabkan banyak masalah kesehatan pada tubuh, termasuk membuat rambut mudah patah.


5. Pemanis buatan

 

Pemanis buatan dibuat oleh manusia dan tidak alami, serta tidak menyehatkan. Beberapa data menunjukkan bahwa terlalu banyak mengonsumsi pemanis buatan bisa menyebabkan alergi, tuli, PMS, migrain, dan rambut rontok.


6. Minuman bersoda

 

Minuman bersoda tak hanya mengandung banyak pemanis buatan, tetapi juga pewarna buatan yang bisa berbahaya untuk tubuh. Minuman bersoda bisa membuat gigi cepat rusak dan menggemukkan tubuh. Selain itu, minuman bersoda juga menyerap cairan tubuh dan membuat rambut kering serta mudah rontok.
Itulah beberapa makanan yang sebaiknya dihindari jika Anda ingin menjaga kesehatan dan kecantikan rambut Anda. Perhatikan makanan yang Anda konsumsi. Pilih makanan alami yang menyehatkan tubuh serta rambut.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template