Comments

Thursday, June 20, 2013

Tips agar tetap sehat dan bugar di musim hujan

Posted by at 5:36 AM Read our previous post


Saat cuaca dingin dan hujan terus turun kebanyakan orang pasti memilih untuk bergelung dalam selimut, duduk sambil minum teh hangat, atau membaca buku. Memang sangat nyaman, namun lama-kelamaan ini akan membuat Anda malas berolahraga dan mulai mengabaikan kesehatan.

Di musim hujan, Anda tak perlu keluar rumah untuk berolahraga. Cukup manfaatkan hal yang ada di sekitar Anda atau dalam ruangan untuk melakukan olahraga. Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk tetap bugar dan sehat di musim hujan, seperti dilansir oleh Health Me Up (16/06).



1. Berkebun

Siapa yang bilang bahwa berkebun tak bisa membuat Anda tambah bugar? Ajak anak-anak atau teman untuk menanam tanaman di halaman rumah atau di taman dekat rumah. Ini akan membuat Anda lebih aktif sekaligus membantu Anda bersantai di musim hujan. Nilai plusnya, Anda akan merasa senang ketika tanaman Anda tumbuh dengan baik.
 


2. Bersihkan lemari es

Sudah berapa lama Anda tak membersihkan lemari es Anda? Sekarang adalah saatnya, ketika Anda jarang keluar rumah, sebaiknya segera bersihkan lemari es Anda dengan benar. Selain baik untuk menggerakkan tubuh dan membuat Anda tetap aktif, membersihkan lemari es juga membantu menjaga kebersihan dan kesehatan makanan yang Anda simpan di dalamnya. Jika perlu, sediakan tempat khusus dalam lemari es untuk menyimpan makanan yang sehat.


3. Menata kembali dapur

Tempat kedua di rumah yang sering berantakan adalah dapur. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa dapur adalah tempat yang paling kotor dalam rumah. Hal ini tak bisa dibiarkan karena dapur adalah tempat membuat makanan. Bagaimana Anda bisa memakan makanan sehat jika dapur Anda kotor? Segera bersihkan dapur Anda sekarang juga. Selain membuat rumah lebih sehat, ini juga membantu Anda tetap bugar dan aktif.


4. Skipping

Sambil menonton televisi atau mendengarkan musik, Anda bisa melakukan olahraga skipping. Olahraga ini tak membutuhkan banyak ruang dan bisa dilakukan di dalam rumah. Agar lebih bersemangat, tetapkan gol dan target, misalkan 10 lompatan dalam 10 detik. Tujuan olahraga ini adalah untuk meningkatkan detak jantung Anda.


5. Pakai tangga

Jika di tempat kerja Anda biasa menggunakan lift, sebaiknya biasakan memakai tangga. Ini sama dengan berolahraga di musim hujan dan akan bisa membuat Anda tetap bugar. Namun sebaiknya Anda berhati-hati jika memiliki masalah pada lutut atau kaki.




6. Menari atau yoga

Siapa bilang olahraga tak bisa dibuat menyenangkan? Dengan melakukan tarian seperti zumba atau salsa di rumah Anda bisa menjaga kebugaran tubuh, berolahraga sekaligus bersenang-senang. Jika tak menyukai menari, Anda bisa mencoba yoga di rumah. Yoga tak membutuhkan banyak waktu dan ruang, sangat ideal untuk musim hujan dan bagi Anda yang sedang sibuk. Yoga tak hanya menyehatkan tubuh, tetapi juga menenangkan pikiran.


7. Berenang

Anda bisa berenang di dalam rumah atau pergi ke kolam renang umum tertutup. Beberapa orang mengatakan bahwa berenang saat hujan adalah hal yang bodoh. Namun jika Anda memiliki akses pada kolam renang tertutup dengan atap, maka renang bisa menjadi olahraga yang sempurna untuk musim hujan.
Musim hujan yang kelabu seringkali mempengaruhi mood dan membuat Anda malas bergerak atau melakukan sesuatu. Namun jangan bermalas-malasan. Anda harus bangun dan tetap aktif dengan melakukan berbagai macam kegiatan di atas.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template