Comments

Thursday, June 20, 2013

Bahaya kesehatan berenang di kolam renang berkaporit

Posted by at 5:31 AM Read our previous post


Meskipun berenang memberi banyak manfaat bagi kesehatan, namun menghabiskan waktu terlalu lama di dalam kolam renang ternyata juga tidak baik. Sebab kaporit - antiseptik yang digunakan untuk membunuh bakteri dan menjernihkan air - dalam kolam renang juga membahayakan kesehatan.
Bagi sebagian orang, aroma kaporit sendiri bisa memicu asma dan masalah kesehatan lainnya. Simak berbagai bahaya berenang di kolam renang berkaporit selengkapnya, seperti yang dilansir dari Medical Daily berikut ini.

Asma

Paparan kaporit yang berlebihan bisa mengganggu jaringan pernapasan pada anak. Mereka pun berisiko terserang asma dan penyakit paru-paru. Sebuah penelitian dari Belgia juga pernah menyebutkan bahwa kunjungan rutin ke kolam renang berkaporit berkaitan dengan peningkatan risiko asma pada anak.

Alergi

Bagi pemilik kulit sensitif, alergi juga menjadi ancaman kesehatan jika mereka sering berenang di kolam renang berkaporit. Gejala alergi misalnya adalah gatal, kulit merah, sampai bengkak.

Erosi gigi

Karena mengandung kaporit, pH air kolam renang pun menjadi terlalu asam. Sehingga menghabiskan waktu terlalu lama di dalam air kolam juga mampu meningkatkan erosi dan kerusakan pada gigi.

Keguguran

Berenang jadi aktivitas umum bagi ibu hamil untuk menurunkan risiko nyeri persalinan. Akan tetapi kolam renang berkaporit justru membahayakan janin karena senyawa kimia di dalamnya. Bahaya tersebut salah satunya adalah aborsi yang tidak disengaja atau keguguran.

Kanker kandung kemih

Sebuah penelitian mengaitkan paparan kaporit dengan risiko kanker kandung kemih. Secara detail, konsumsi kaporit - yang biasanya tidak disengaja oleh para perenang - mampu meningkatkan risiko kanker kandung kemih sebesar 35-57 persen.

Itulah bahaya kesehatan jika berenang terlalu lama di kolam renang berkaporit. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template