Comments

Saturday, June 22, 2013

10 Tokoh dunia yang putus sekolah

Posted by at 5:29 AM Read our previous post
Sepuluh tokoh dunia ini berhasil mendobrak stigma negatif yang menyatakan bahwa mereka yang tidak lulus sekolah atau kuliah, tidak bisa meraih kesuksesan. Dengan bangga, mereka membuktikan pada dunia bahwa lulus dari perguruan tinggi atau sekolah bukan jaminan seseorang bakal sukses. Siapakah mereka? Berikut adalah sepuluh tokoh dunia yang tidak berhasil menyelesaikan pendidikan mereka.



1. Abraham Lincoln 

 

Abraham Lincoln putus sekolah pada usia 12 tahun karena harus mengelola peternakan milik keluarganya. Namun, siapa pernah menyangka bahwa pemuda yang putus sekolah itu akhirnya menjadi Presiden Amerika Serikat ke-16, yang menjabat mulai dari bulan Maret 1861 hingga terjadinya pembunuhan pada bulan April 1865. Lincoln berhasil menghapuskan perbudakan, memperkuat pemerintahan nasional dan modernisasi ekonomi di Amerika Serikat.

2. Coco Chanel

 

Coco Chanel menjadi tokoh inspiratif bagi setiap desainer di dunia. Dia berhasil menciptakan merek ternama Chanel, yang kini menjadi salah satu merek fashion terbaik di dunia. Namun, tahukah Anda bahwa Chanel putus sekolah setelah usianya menginjak 18 tahun. Wanita bernama lengkap Gabrielle "Coco" Chanel Bonheur ini bahkan menjadi satu-satunya perancang busana yang masuk dalam 100 orang paling berpengaruh dari abad ke-20 versi majalah Time. Estetika desainnya diwujudkan dalam berbagai bentuk produk fashion, yakni perhiasan, tas, dan wewangian.
 

3. Al Pacino

 

Aktor veteran Al Pacino tidak hanya putus sekolah, tetapi juga dikeluarkan dari sekolahnya di York New School karena selalu gagal dalam setiap mata pelajaran, kecuali bahasa Inggris. Pria bernama lengkap Alfredo James "Al" Pacino itu bahkan pernah menjadi bintang film terpopuler di Amerika pada masanya. Kini, aktor kelahiran 25 April 1940 itu telah menerima tujuh nominasi Oscar dan memenangkan Academy Award sebagai aktor pria terbaik tahun 1992 untuk perannya di film Scent of a Woman.


4. Oprah Winfrey

 

Oprah Winfrey yang dikenal cerdas dan pandai berbicara di depan publik bahkan tidak pernah menyelesaikan kuliahnya. Wanita bernama lengkap Oprah Gail Winfrey itu di-drop out dari kampusnya di Universitas Tennessee. Namun siapa sangka, wanita kelahiran 29 Januari 1954 itu malah menjadi seorang pemilik media, pembawa acara, aktris, dan produser terkenal di Amerika. Oprah bahkan masuk dalam daftar orang Afro-Amerika terkaya dari abad ke-20, dermawan kulit hitam terbesar dalam sejarah Amerika, dan menjadi salah satu miliarder kulit hitam di dunia.


5. Steve Jobs

 

Seperti halnya Oprah Winfrey, Steve Jobs juga di-drop out dari kampusnya. Pria bernama lengkap Steven Paul "Steve" Jobs yang juga menjadi CEO Apple Inc itu telah dikenal luas sebagai tokoh paling berpengaruh di dunia komputer. Jobs juga sempat mendirikan dan menjabat sebagai kepala eksekutif Pixar Animation Studios, di mana ia menjadi anggota dewan direktur The Walt Disney Company pada tahun 2006, ketika Disney mengakuisisi Pixar.

6. Brad Pitt

 

Brad Pitt kala itu sedang belajar untuk menjadi seorang jurnalis. Tetapi sayang, dia akhirnya berhenti kuliah 2 minggu sebelum ujian akhirnya dilangsungkan. Pria bernama lengkap William Bradley "Brad" Pitt itu telah menerima empat nominasi Academy Award dan lima nominasi penghargaan Golden Globe. Dia digambarkan sebagai salah satu orang yang paling menarik di dunia dan aktor kawakan Hollywood.


7. Dhirubhai Ambani

 

Multi-jutawan asal India ini bernama Dhirubhai Ambani. Karena suatu alasan, dirinya putus kuliah dan tidak bisa menamatkan pendidikan di perguruan tinggi. Namun siapa sangka, pemuda yang putus kuliah itu justru mampu membangun salah satu kerajaan bisnis terbesar di India. Bersama sepupunya, pria bernama lengkap Dhirajlal Hirachand Ambani itu menjadi taipan bisnis India yang mendirikan Reliance Industries di Mumbai. Dhirubhai juga menjadi salah satu tokoh yang masuk dalam daftar 50 pengusaha top di Asia versi Sunday Times.



8. Bill Gates 

 

Setelah di-drop out dari Harvard University, Bill Gates justru sukses mendirikan Microsoft, sebuah perangkat lunak terkemuka di dunia. Pria bernama lengkap William Henry "Bill" Gates III ini adalah tokoh bisnis, investor, penemu dan sekaligus dermawan Amerika. Gates sendiri adalah mantan CEO dan ketua Microsoft, perusahaan perangkat lunak komputer pribadi terbesar di dunia, yang ia dirikan bersama Paul Allen.


9. Walt Disney


 

Walt Disney di-drop out dari perguruan tinggi ketika ia berusia 16 tahun. Pria bernama lengkap Walter Elias "Walt" Disney ini menggeluti profesi sebagai seorang animator, produser film, sutradara, penulis skenario, pengusaha, penghibur, ikon internasional, dan dermawan, karena pengaruhnya di bidang hiburan selama abad ke-20. Bersama dengan saudaranya Roy O. Disney, ia mendirikan Walt Disney Productions, yang kemudian menjadi salah satu motion picture paling terkenal di dunia.

10. Marck Zuckerberg

 

Jika Mark Zuckerberg tidak meninggalkan kampus tercintanya, Harvard, kita mungkin tidak pernah tahu apa itu Facebook. Pria bernama lengkap Mark Elliot Zuckerberg ini menggeluti profesi sebagai seorang programmer komputer dan pengusaha internet. Ia dikenal sebagai salah satu dari lima pendiri situs jejaring sosial ternama, Facebook. Pada April 2013, Zuckerberg adalah ketua dan kepala eksekutif dari Facebook Inc dan tahun 2013 kekayaan pribadinya diperkirakan mencapai USD 13,3 miliar atau sekitar Rp 132 T.

Inilah sepuluh tokoh dunia yang putus kuliah atau di-DO dari kampusnya. Hal terpenting yang patut kita cermati dari kisah mereka adalah bahwa kesuksesan tidak ditentukan oleh lulus tidaknya seseorang dari perguruan tinggi, melainkan kemauan untuk terus berjuang dan tak pantang menyerah. Jika ada kemauan, pasti ada jalan!

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template