Comments

Thursday, June 20, 2013

7 Cara mencegah penyakit kardiovaskular

Posted by at 5:25 AM Read our previous post



Penyakit jantung dan stroke adalah beberapa contoh dari penyakit kardiovaskular. Stres, gaya hidup, dan pola makan sering menjadi penyebab dari penyakit ini. Lantas bagaimana cara mencegahnya? Simak selengkapnya seperti yang dilansir dari iDiva berikut ini.

Pemeriksaan rutin

Kebanyakan penyakit kardiovaskular menyerang dengan tiba-tiba tanpa gejala apapun. Sebelum semuanya terlambat, akan lebih baik jika Anda rutin melakukan check up atau pemeriksaan kesehatan untuk mengetahui risiko tersembunyi dari penyakit kardiovaskular.

Yoga

Latihan pernapasan melalui yoga adalah salah satu cara untuk mencegah penyakit kardiovaskular. Selain mampu melancarkan asupan oksigen melalui latihan pernapasan, yoga juga menurunkan stres dan mencegah penyakit kardiovaskular.

Aktif bergerak

Seperti yang sudah disebutkan, gaya hidup yang tidak aktif menjadi salah satu penyebab dari penyakit kardiovaskular. Oleh sebab itu, cara mencegahnya adalah dengan lebih aktif bergerak. Misalnya membiasakan diri untuk jalan kaki lebih sering setiap hari.

Berhenti merokok

Rokok bukan cuma buruk bagi paru-paru, tetapi juga jantung dan peredaran darah. Jadi jika Anda punya kebiasaan merokok, hentikan mulai sekarang demi mencegah penyakit kardiovaskular.

Masa kehamilan

Penelitian pernah menyebutkan kalau wanita yang selama hamil yang pernah menderita pre-eclampsia atau pembengkakan anggota badan berisiko dua kali lipat terkena penyakit kardiovaskular. Sehingga saat masa kehamilan tiba, ibu hamil harus lebih ekstra dalam menjaga kesehatannya.

Memahami gejala

Dengan memahami gejala, penyakit kardiovaskular bisa ditangani dengan lebih cepat. Contoh dari gejala penyakit jantung adalah nyeri di daerah dada sampai ke lengan kiri dan pundak. Selain itu, nyeri di bagian punggung, leher, sampai rahang juga terkadang menjadi gejala dari penyakit kardiovaskular pada wanita.

Berjemur

Vitamin D adalah nutrisi yang penting bagi jantung. Jadi pastikan Anda memperoleh vitamin D dari sinar matahari dengan cara berjemur. Beberapa makanan juga bisa dijadikan alternatif untuk memenuhi kebutuhan vitamin D.
Demikian berbagai cara untuk mencegah penyakit kardiovaskular. Ayo jalani gaya hidup sehat demi kebugaran tubuh Anda!

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template