Comments

Thursday, June 20, 2013

Cegah rambut rontok dengan 7 makanan ini!

Posted by at 5:52 AM Read our previous post
Rambut Anda semakin mudah rontok? Jangan khawatir. Selain melakukan perawatan rambut, Anda juga bisa mencegah rambut rontok dengan makanan yang sehat. Beberapa makanan diketahui bisa memberikan nutrisi yang akan membuat rambut semakin sehat dan tak mudah rontok.
Berikut adalah beberapa jenis makanan yang bisa Anda konsumsi untuk mencegah kerontokan rambut, seperti dilansir oleh Times of India (01/06/12).


1. Wortel

 

Wortel tak hanya baik untuk mata, melainkan juga bisa memberikan nutrisi untuk kulit kepala. Kulit kepala yang sehat akan menunjang rambut yang kuat dan indah. Anda juga harus mempertimbangkan diet yang seimbang dengan mengonsumsi buah dan sayuran, serta ikan seperti salmon.

2. Kacang polong

Meski kacang polong tak mengandung banyak antioksidan atau vitamin dan mineral khusus, namun sayuran ini mengandung vitamin yang seimbang seperti zat besi, zinc, serta kelompok vitamin B yang baik untuk kesehatan rambut.

3. Oat

Oat tak hanya mengandung banyak serat yang baik untuk sistem pencernaan, namun juga mengandung vitamin dan mineral yang banyak seperti zinc, zat besi, dan asam lemak omega-6. Asam lemak omega-6 diketahui penting untuk menjaga kulit tetap sehat, serta menjaga perkembangan rambut.

4. Udang

Sementara daging merah yang terlalu banyak mengandung protein hewani bisa merusak rambut, Anda bisa mendapatkan protein dari makanan laut seperti udang. Udang mengandung banyak vitamin B12, zat besi, dan zinc yang sangat diperlukan untuk mencegah rambut rontok.


5. Walnut

Walnut adalah salah satu jeni kacang-kacangan yang sangat baik untuk rambut. Walnut mengandung lebih banyak asam lemak omega-6, tetapi juga kaya akan zinc, zat besi, vitamin B, serta protein. Namun hati-hati karena walnut juga mengandung selenium. Selenium bisa menyebabkan rambut rontok pada orang yang kelebihan selenium atau alergi pada selenium. Jangan terlalu banyak mengonsumsi walnut, konsumsi segenggam walnut seminggu tampaknya cukup.


6. Telur

Telur adalah sahabat baik untuk kesehatan rambut. Telur mengandung banyak nutrisi seperti protein, vitamin B12, zat besi, zinc, dan omega-6 dalam jumlah yang banyak. Kekurangan beberapa jenis vitamin ini membuat rambut mudah rontok dan mudah rusak. Telur juga mengandung vitamin tambahan, yaitu vitamin B7 yang baik untuk menangkal kerontokan rambut.


7. Produk susu rendah lemak

Produk susu yang rendah lemak seperti susu skim atau yogurt bisa jadi sumber kalsium dan mineral yang penting untuk pertumbuhan rambut. Mengonsumsi yogurt dan keju bisa membantu menangkal kerontokan rambut.
Itulah beberapa makanan yang bisa digunakan untuk mencegah rambut rontok. Mengonsumsi makanan di atas bisa memberikan nutrisi bagi rambut agar tetap sehat, kuat, dan indah.











No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template