Comments

Thursday, June 20, 2013

6 Penyebab bibir merah jadi hitam

Posted by at 5:21 AM Read our previous post



Bibir adalah bagian tubuh yang sangat sensitif terhadap paparan bahan kimia dan sinar matahari. Jika tidak dijaga dengan baik, bibir bisa dengan mudah berubah warna jadi hitam. Akibatnya, tampilan warna bibir jadi tidak alami dan terlihat kusam. Berikut adalah beberapa penyebab dari bibir merah jadi hitam seperti dilansir Boldsky.

1. Merokok

Kita semua tahu bahwa memiliki bibir hitam adalah efek samping dari merokok. Nikotin menyebabkan perubahan warna pada bibir. Salah satu alasan utama mengapa orang harus berhenti merokok adalah karena rokok juga menyebabkan bibir jadi kusam dan hitam.

2. Kafein

Kafein menyisakan noda pada gigi dan membuat mereka terlihat kuning. Tetapi ada efek samping lain dari minum teh atau kopi yang menyebabkan bibir menjadi hitam. Bibir akan terlihat lebih gelap sesuai dengan jumlah yang kafein yang Anda konsumsi. Kondisi ini dapat diatasi dengan minum banyak air setelah Anda minum teh atau kopi.

3. Sinar Matahari

Matahari meningkatkan produksi pigmen melanin di bibir. Bibir kita sangat sensitif terhadap paparan konstan matahari, dan akan menjadi gelap karena terjadi kontak yang terlalu lama. Hal ini dapat dihindari dengan menggunakan lip balm dengan perlindungan UV.

4. Produk untuk bibir

Anda harus sangat berhati-hati saat menggunakan produk untuk bibir. Menggunakan lipstik berkualitas rendah dapat menggelapkan bibir. Bahaya lain adalah dengan menggunakan produk kadaluarsa di bibir, Anda akan mengalami penggelapan bibir dan alergi.

5. Hidrasi

Tidak minum cukup air akan menyebabkan dehidrasi. Bibir akan mengering dan menjadi gelap seiring waktu jika tubuh mengalami dehidrasi. Pastikan Anda minum 2-3 liter air setiap hari untuk menjaga bibir tetap terhidrasi dan lembap.

4. Mengisap atau menggigit bibir

Para ilmuwan telah membuktikan bahwa mengisap atau menggigit bibir dapat menyebabkan pigmentasi gelap pada bibir. Menjilati bibir untuk menjaga mereka tetap basah akan mengubahnya menjadi gelap dan pecah-pecah. Hal ini dikarenakan air liur menyebabkan bibir mengering lebih cepat.

5. Diet

Vitamin C dikenal dapat menghilangkan pigmentasi bibir. Oleh karena itu, jelas bahwa kekurangan vitamin akan menyebabkan bibir menjadi lebih gelap. Pastikan bahwa Anda makan makanan yang sehat dan seimbang dengan buah-buahan segar dan sayuran hijau untuk menjaga bibir tetap cerah.

6. Alergen

Bibir hitam disebabkan oleh alergen dalam kosmetik. Lipstik atau lip gloss mungkin mengandung pewarna atau wewangian yang menyebabkan reaksi alergi tertentu. Pastikan Anda menguji produk bibir yang Anda gunakan terlebih dulu pada kulit sebelum membelinya.

Inilah enam hal yang membuat bibir jadi hitam atau gelap. Hindari pemakaian produk bibir yang berkualitas rendah agar bibir tetap cerah.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template