Comments

Thursday, June 20, 2013

9 Tips mengelola kesehatan reproduksi

Posted by at 5:47 AM Read our previous post



Menjaga kesehatan reproduksi sangat penting untuk pria dan wanita. Ada banyak faktor eksternal dan internal yang dapat mempengaruhi kesehatan reproduksi Anda. Kesehatan reproduksi yang baik memiliki hubungan langsung dengan status kesehatan Anda secara keseluruhan. Kesehatan reproduksi yang baik berkaitan dengan sel telur dan sperma yang sehat. Berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda lakukan untuk menjaga kesehatan reproduksi, seperti dilansir Boldsky.
 


1. Diet

Diet memiliki peran penting dalam menjaga sistem reproduksi yang sehat. Hindari makanan cepat saji karena sebagian besar mengandung zat aditif dan pengawet yang akan mempengaruhi kesuburan Anda. Perbanyak konsumsi daging segar, ikan dan sayuran segar dibanding makan makanan olahan. Pilih camilan sehat seperti buah dan kacang-kacangan dibanding cokelat.


2. Saran medis

ika Anda menemukan gejala yang menunjukkan adanya masalah dengan sistem reproduksi, sangat penting untuk mendapat nasihat medis. Mendeteksi dan mengidentifikasi masalah sejak dini akan membantu Anda memperbaiki masalah itu lebih awal.


3. Keadaan tubuh

Ada banyak kondisi medis yang dapat mempengaruhi kesehatan reproduksi Anda. Kondisi yang dapat mempengaruhi kesehatan reproduksi termasuk diabetes, masalah tiroid, masalah anatomi dan malnutrisi. Menjaga kondisi tersebut tetap dalam kendali akan membantu Anda meningkatkan kesehatan secara keseluruhan serta kesehatan reproduksi.


3. Keadaan tubuh

Ada banyak kondisi medis yang dapat mempengaruhi kesehatan reproduksi Anda. Kondisi yang dapat mempengaruhi kesehatan reproduksi termasuk diabetes, masalah tiroid, masalah anatomi dan malnutrisi. Menjaga kondisi tersebut tetap dalam kendali akan membantu Anda meningkatkan kesehatan secara keseluruhan serta kesehatan reproduksi.


4. Berhenti merokok

Jika Anda ingin memiliki kesehatan reproduksi yang baik, Anda harus berhenti merokok. Merokok sangat mempengaruhi sistem reproduksi pria dan wanita. Merokok dapat menyumbat arteri dan dapat menyebabkan vasospasme. Kedua kondisi tersebut pada akhirnya akan mengakibatkan disfungsi ereksi pada pria.


5. Hindari alkohol

Meninggalkan alkohol tidak hanya akan menjaga kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan, tetapi juga menjaga sistem reproduksi Anda sehat. Alkohol juga mempengaruhi hipotalamus di otak, kelenjar hipofisis dan ovarium dan testis, yang bahkan dapat mengurangi jumlah testosteron dalam darah.


6. Berat badan yang sehat

Menjaga berat badan sangat penting untuk kesehatan reproduksi. Peningkatan berat badan dapat mempengaruhi keseimbangan hormon dan merusak kesuburan. Berolahraga secara teratur akan membantu Anda menjaga kesehatan reproduksi dan berat badan yang sehat.


7. Yoga

Berlatih yoga adalah cara terbaik untuk menjaga sistem reproduksi tetap sehat. Ini akan membantu menjaga keseimbangan antara pikiran dan tubuh, dengan demikian Anda dapat menjaga kesehatan secara keseluruhan dan sistem kerja reproduksi.


8. Gaya hidup

Gaya hidup memiliki efek langsung pada kesehatan reproduksi. Lingkungan kerja dan jenis pekerjaan juga dapat mempengaruhi kesehatan reproduksi.


9. Hindari pekerjaan yang berbahaya

Sebagian besar kasus infertilitas pada pria disebabkan oleh pekerjaan yang membuat mereka rentan terhadap paparan radiasi, bahan kimia dan panas konstan atau berlebih. Hindari paparan bahan kimia seperti pestisida, herbisida dan pelarut industri karena akan mempengaruhi kesehatan reproduksi Anda.

Inilah sembilan hal yang perlu Anda perhatikan dalam menjaga kesehatan reproduksi. Kesehatan reproduksi mendukung kualitas sperma dan sel telur yang pada akhirnya berhubungan dengan kesehatan janin yang dilahirkan.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template