Comments

Wednesday, June 5, 2013

10 Manfaat kopi untuk kesehatan

Posted by at 5:51 AM Read our previous post
10 Manfaat kopi untuk kesehatan


Kopi biasa digunakan orang untuk memulai hari atau saat mereka membutuhkan lembur. Jarang sekali ada orang yang beranggapan bahwa kopi adalah minuman yang menyehatkan. Padahal kopi bisa memberikan banyak manfaat pada tubuh.
Sebuah penelitian selama 13 tahun pada 402.260 orang yang dilakukan oleh National Cancer Institute menunjukkan bahwa para peminum kopi memiliki risiko kematian yang lebih rendah hingga 16 persen. Meski terlalu banyak minum kopi bisa meningkatkan hormon stres, namun kopi memiliki manfaat yang banyak.
Berikut ini adalah 10 manfaat kopi untuk kesehatan, seperti dilansir oleh Live Strong (21/05).



1. Mencegah batu ginjal

10 Manfaat kopi untuk kesehatan

Peneliti di Harvard menemukan bahwa wanita yang mengonsumsi empat cangkir kopi sehari memiliki risiko batu ginjal 25 persen lebih rendah. Penelitian yang pernah dilakukan sebelumnya juga menunjukkan hasil yang sama.



2. Mencegah depresi

10 Manfaat kopi untuk kesehatan

Berdasarkan penelitian yang diterbitkan dalam Archives of Internal Medicine tahun 2011 menunjukkan bahwa wanita yang minum dua sampai tiga cangkir kopi setiap hari memiliki risiko 15 persen lebih rendah untuk terkena depresi. Sementara wanita yang minum empat gelas kopi setiap hari memiliki risiko depresi 20 persen lebih rendah.

 


3. Mempertajam ingatan

10 Manfaat kopi untuk kesehatan

Kopi bisa membantu meningkatkan ingatan jangka panjang dan pendek. Dalam sebuah penelitian tahun 2005 yang dilakukan oleh Radiological Society of North America, peneliti menemukan bahwa mengonsumsi dua kopi berkafein bisa meningkatkan ingatan dan kecepatan reaksi seseorang.
Uniknya, penelitian pada tahun 2007 menemukan bahwa wanita yang berusia 65 tahun ke atas dan meminum sekitar tiga cangkir kopi sehari memiliki ingatan yang lebih baik dan tidak menunjukkan penurunan ingatan dibandingkan wanita yang hanya minum satu cangkir kopi setiap hari. Sayangnya hal ini tak berlaku bagi pria.



4. Menurunkan risiko diabetes

10 Manfaat kopi untuk kesehatan

Penelitian menemukan bahwa peminum kopi memiliki risiko rendah terkena diabetes tipe 2. Orang yang minum empat cangkir kopi sehari memiliki risiko diabetes tipe 2 50 persen lebih rendah. Hal ini diketahui melalui penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Agricultural & Food Chemistry yang diterbitkan pada awal Januari 2012.
 


5. Menurunkan risiko kanker

10 Manfaat kopi untuk kesehatan

Konsumsi kopi diketahui berkaitan dengan penurunan risiko kanker lever, payudara, prostat, dan penyakit yang berkaitan dengan obesitas, estrogen, dan insulin. Sebuah penelitian tahun 2008 di Swedia menemukan bahwa minum dua atau tiga cangkir kopi setiap hari bisa menurunkan risiko atau mencegah kanker payudara.



6. Meningkatkan metabolisme

10 Manfaat kopi untuk kesehatan

Kopi berkemungkinan membantu Anda menjaga atau bahkan menurunkan berat badan. Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2006 menunjukkan bahwa kopi bisa meningkatkan metabolisme, terutama pada wanita. Kopi biji hijau juga diketahui bermanfaat untuk menurunkan berat badan.
 

7. Menurunkan risiko penyakit Parkinson

10 Manfaat kopi untuk kesehatan

Journal of the American Medical Association di tahun 2000 menemukan bahwa konsumsi kafein dalam kopi bisa menurunkan risiko terkena Parkinson. Penelitian pada tahun 2010 juga menunjukkan bahwa minum dua hingga tiga cangkir kopi setiap hari bisa menurunkan risiko kena Parkinson hingga 25 persen.



8. Memiliki zat antioksidan

10 Manfaat kopi untuk kesehatan

Edward Giovannucci, salah satu peneliti Harvard menunjukkan bahwa kopi memiliki lebih banyak antioksidan dibandingkan kebanyakan sayur dan buah. Faktanya, kopi merupakan sumber antioksidan nomor satu untuk diet ala Amerika.
 


9. Meningkatkan kinerja

10 Manfaat kopi untuk kesehatan

Kopi dan kafein yang terkandung di dalamnya diketahui bisa meningkatkan kinerja dan daya tahan tubuh saat bekerja. Sebuah penelitian tahun 2008 menunjukkan bahwa mengonsumsi kafein sebelum olahraga bisa meningkatkan aktivitas dan lama waktu olahraga.



10. Mencegah gout

10 Manfaat kopi untuk kesehatan

Penelitian pada tahun 2007 menunjukkan bahwa pria yang berusia di atas 40 tahun terhindar dari gout dengan seringnya mengonsumsi kopi. Gout bisa terjadi ketika ada peradangan akibat tingginya tingkat asam urat yang mengkristal pada sendi atau jari-jari. Orang yang rajin meminum enam gelas kopi sehari memiliki risiko encok 60 persen lebih rendah.
Itulah beberapa manfaat kesehatan dari kopi. Jangan ragu lagi untuk meminum kopi, namun juga jangan meminum terlalu banyak.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template