Comments

Friday, June 7, 2013

Hati-hati, terlalu sering berteriak picu radang tenggorokan!

Posted by at 5:13 AM Read our previous post
Hati-hati, terlalu sering berteriak picu radang tenggorokan!


Laringitis atau juga disebut radang tenggorokan, adalah peradangan pada laring, ditandai dengan suara serak. Laring terletak di tenggorokan dan rumah kotak suara yang melindungi trakea atau saluran napas. Peradangan menyebabkan penyempitan saluran napas atas, yang mengarah ke suara serak.

Laringitis yang berlangsung kurang dari tiga minggu disebut laringitis akut, dan sering dikaitkan dengan infeksi saluran pernapasan atas yang disebabkan virus atau bakteri.

Infeksi adalah penyebab paling umum dari laringitis akut. Ini biasanya dipicu infeksi virus, seperti flu. Penyebab lain laringitis akut termasuk pemakaian pita suara secara berlebihan, misalnya dengan berteriak atau bernyanyi terlalu keras.

Laringitis kronis

Laringitis kronis dapat disebabkan oleh berikut: asap rokok, penyalahgunaan alkohol, penyakit refluks gastro-esofagus di mana kebocoran asam kembali ke tenggorokan, faktor lingkungan, seperti debu, asap dan bahan kimia dan beberapa infeksi yang kurang umum.

Apa gejala laringitis?

Gejala laringitis antara lain; suara serak, kering atau sakit tenggorokan, batuk, yang semuanya dapat menjadi gejala atau faktor dalam menyebabkan laringitis. Selain itu, kesulitan menelan, pembengkakan kelenjar getah bening di tenggorokan, dada, atau wajah, dan demam jika parah, batuk berdarah merupakan tanda dari kondisi kronis.

Apa penyebab dari laringitis?

Laringitis akut dapat disebabkan oleh infeksi atau kerusakan atau trauma laring. Yang terakhir itu kadang-kadang disebut sebagai laringitis mekanis yang disebabkan terlalu lama berbicara atau bernyanyi dan berteriak sangat keras. Bernyanyi dapat menyebabkan pita suara bergetar pada tingkat yang lebih cepat daripada biasanya. Getaran yang berlebihan dapat merusak permukaan pita suara, yang menyebabkan terjadinya radang.

Beberapa kebiasaan dalam gaya hidup juga dapat menyebabkan laringitis kronis jangka panjang. Merokok adalah salah satu penyebab laringitis kronis. Paparan asap asap tembakau secara terus-menerus dapat menyebabkan peradangan jangka panjang pada laring.

Penyalahgunaan alkohol juga dapat menyebabkan radang tenggorokan karena bahan aktif dalam alkohol (etanol) mengandung banyak kotoran yang dapat mengiritasi laring.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template