Comments

Wednesday, May 22, 2013

5 Hal tak terduga yang membahayakan kesuburan

Posted by at 6:13 AM Read our previous post
5 Hal tak terduga yang membahayakan kesuburan


Gaya hidup sehat sangat disarankan jika ingin menangkal kuman penyakit dan menjaga kesuburan. Akan tetapi, ternyata ada beberapa hal tak terduga yang juga mengancam kesuburan. Apa saja? Simak selengkapnya seperti yang dilansir dari Cosmopolitan berikut ini.
Seks tanpa perlindunganBercinta tanpa menggunakan alat kontrasepsi seperti kondom terkadang memicu penyakit kelamin. Jika dibiarkan, infeksi bisa menyebar sampai ke rahim. Akibatnya, wanita pun kesulitan memiliki keturunan akibat penyakit tersebut.
RokokSetiap batang rokok yang Anda isap, produksi sperma atau sel telur semakin berkurang. Faktanya, perokok wanita berisiko mencapai menopause empat tahun lebih cepat. Jika hamil, besar kemungkinan mereka mengalami keguguran atau berat badan bayi kurang.
Berat badanBukan cuma obesitas yang membahayakan kesuburan, ternyata terlalu kurus juga sama. Kekurangan berat badan membuat wanita sulit berovulasi. Sementara obesitas mengganggu insulin dan estrogen, sehingga kesuburan pun ikut bermasalah.
MakananSebuah penelitian dari Harvard pernah menyebutkan kalau wanita yang mengikuti empat peraturan makan memiliki kesuburan yang lebih baik. Aturan tersebut adalah makan gandum utuh, mengurangi konsumsi lemak jenuh, memasak dengan minyak zaitun, dan mendapatkan protein dari tumbuhan.
Senyawa kimiaSaat peneliti menganalisis BPA (senyawa kimia yang sifatnya menyerupai hormon estrogen yang ditemukan pada botol plastik) pada urine wanita, ternyata kelebihan senyawa tersebut bisa mengganggu kesuburan. Jadi sebisa mungkin kurangi kontaminasi BPA dengan tubuh.
Itulah berbagai hal tak terduga yang ternyata membahayakan kesuburan. Jauhi semuanya demi menjaga kesehatan reproduksi Anda.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template